2 Cara Mengatasi Mikrotik Lupa Password Anti Ribet!

No comments
cara mengatasi Mikrotik lupa password
cara mengatasi Mikrotik lupa password

menggunakan.id – Seringkali, kita menghadapi masalah lupa password, baik untuk akun media sosial, email, maupun perangkat seperti Mikrotik. Mikrotik, sebagai salah satu perangkat jaringan yang sering digunakan, memang bisa membuat pusing jika kita lupa passwordnya. Jangan khawatir, karena artikel ini akan membahas dengan langkah-langkah yang mudah dan efektif. Yuk, kita simak bersama!

1. Cara Mengatasi Mikrotik Lupa Password: Metode Reset Fisik

Cara Mengatasi Mikrotik Lupa Password pertama yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan reset fisik. Caranya cukup sederhana dan tidak memerlukan keahlian teknis yang mendalam.

  • Matikan Mikrotik: Cabut kabel power untuk mematikan perangkat.
  • Tekan Tombol Reset: Tekan dan tahan tombol reset yang biasanya berada di bagian belakang perangkat.
  • Nyalakan Kembali Mikrotik: Sambil menekan tombol reset, sambungkan kembali kabel power. Tahan tombol reset hingga lampu LED mulai berkedip.
  • Lepaskan Tombol Reset: Setelah lampu LED berkedip, lepaskan tombol reset. Mikrotik akan mengembalikan pengaturan ke default pabrik.
Baca juga :  Frekuensi Sinyal Indonesia

Metode ini sangat efektif, namun perlu diingat bahwa semua konfigurasi akan hilang dan kamu perlu mengatur ulang dari awal.

2. Cara Mengatasi Mikrotik Lupa Password: Menggunakan Netinstall

Jika reset fisik tidak berhasil atau kamu tidak ingin kehilangan konfigurasi, kamu bisa menggunakan Netinstall sebagai Cara Mengatasi Mikrotik Lupa Password. Netinstall adalah alat yang disediakan oleh Mikrotik untuk menginstal ulang perangkat lunak RouterOS.

  • Unduh Netinstall: Kunjungi situs resmi Mikrotik dan unduh Netinstall.
  • Persiapkan Perangkat: Hubungkan Mikrotik ke PC menggunakan kabel Ethernet. Pastikan perangkat dalam keadaan mati.
  • Konfigurasi : Atur Address PC ke 192.168.88.2 dan subnet mask ke 255.255.255.0.
  • Buka Netinstall: Jalankan Netinstall dan pilih Ethernet yang terhubung dengan Mikrotik.
  • Masukkan Mikrotik ke Mode Boot: Tekan dan tahan tombol reset, sambungkan kabel power, dan tunggu hingga perangkat terdeteksi di Netinstall.
  • Pilih RouterOS: Pilih file RouterOS yang akan diinstal dan klik ‘Install’.
  • Reset Password: Setelah proses selesai, Mikrotik akan restart dan kembali ke pengaturan default.
Baca juga :  Paket Internet 5G Unlimited di Indonesia

Dengan metode ini, kamu tidak hanya mengatasi masalah lupa password, tapi juga memastikan perangkat kembali berjalan optimal.

3. Mengakses Backup via Safe Mode

Mikrotik memiliki fitur safe mode yang bisa kamu manfaatkan untuk mengakses dan mengembalikan konfigurasi sebelumnya.

  • Masuk ke Safe Mode: Gunakan aplikasi Winbox atau terminal untuk mengakses Mikrotik. Ketik perintah `system backup save name=backupfile`.
  • Unduh Backup: Setelah backup tersimpan, unduh file tersebut ke PC.
  • Reset Mikrotik: Lakukan reset fisik atau menggunakan Netinstall.
  • Restore Backup: Setelah reset, unggah kembali file backup dan restore konfigurasi dengan perintah `system backup load name=backupfile`.

Dengan backup konfigurasi, kamu tidak perlu repot mengatur ulang semua pengaturan dari awal. Cukup restore dan perangkat siap digunakan.

Menghadapi masalah lupa password Mikrotik memang bisa bikin pusing, tapi dengan beberapa langkah yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Mulai dari reset fisik, menggunakan Netinstall, mengakses backup, hingga mencoba password recovery tools, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga :  Apa itu OS Mikrotik? Temukan Jawabannya di Sini

Yang terpenting, selalu pastikan untuk menyimpan password di tempat yang aman dan buat backup konfigurasi secara berkala untuk menghindari masalah serupa di masa mendatang. Semoga panduan cara mengatasi Mikrotik lupa password ini bermanfaat dan dapat membantu kamu mengatasi masalah dengan cepat dan efektif. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment