3 Cara Setting WiFi MikroTik hAP Lite dengan Langkah Mudah!

No comments
cara setting WiFi MikroTik hAP Lite
cara setting WiFi MikroTik hAP Lite

menggunakan.id – Jika kamu sedang mencari , kamu berada di tempat yang tepat! MikroTik hAP Lite adalah salah satu router populer yang sering digunakan baik di rumah maupun di kantor kecil.

Dengan fitur yang cukup lengkap dan harga yang terjangkau, router ini menjadi pilihan banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah untuk mengatur MikroTik hAP Lite agar bisa digunakan dengan optimal.

Cara Setting WiFi MikroTik hAP Lite: Persiapan Awal

Sebelum memulai proses setting, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan. Pastikan kamu memiliki perangkat berikut:

  1. MikroTik hAP Lite
  2. Kabel Ethernet
  3. Laptop atau PC dengan Ethernet
  4. Akses ke web browser
Baca juga :  Apa itu CDMA dan GSM? Dan ini 4 Perbedaannya!

Setelah semua perangkat siap, mari kita mulai dengan langkah-langkah berikut.

1. Menghubungkan Perangkat

Cara Setting WiFi MikroTik hAP Lite pertama adalah menghubungkan MikroTik hAP Lite ke laptop atau PC menggunakan kabel Ethernet. Colokkan salah satu ujung kabel ke port Ethernet pada laptop dan ujung lainnya ke port 2 pada MikroTik hAP Lite. Setelah itu, hubungkan MikroTik ke sumber daya listrik dan tunggu hingga perangkat menyala dengan sempurna.

2. Akses ke Router

Cara Setting WiFi MikroTik hAP Lite yang kedua adalah setelah perangkat terhubung, buka web browser di laptop atau PC dan ketikkan alamat default MikroTik, yaitu `192.168.88.1`, pada bilah alamat. Tekan Enter untuk masuk ke halaman login. Kamu akan melihat halaman login MikroTik. Masukkan username dan password default, yang biasanya adalah ‘admin’ untuk username dan password dikosongkan (tidak ada password).

3. Setting Dasar MikroTik

Setelah berhasil login, kamu akan melihat antarmuka Winbox atau webfig. Untuk pemula, disarankan menggunakan antarmuka webfig karena lebih user-friendly. Berikut adalah beberapa langkah dasar yang harus dilakukan:

Baca juga :  Cloud Computing : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

– Mengubah Password Admin

Langkah pertama adalah mengubah password admin default untuk . Caranya adalah dengan masuk ke menu `System` -> `Users`, pilih user `admin`, dan klik `Password`. Masukkan password baru dan konfirmasi.

– Mengatur Identitas Router

Selanjutnya, beri identitas pada router dengan masuk ke menu `System` -> `Identity`. Ganti nama default dengan nama yang sesuai dengan keinginanmu, misalnya “HomeRouter” atau “OfficeRouter”.

– Konfigurasi

Kemudian, atur IP address pada interface yang terhubung ke laptop/PC. Masuk ke menu `IP` -> `Addresses`, klik tanda `+`, dan masukkan IP address `192.168.88.1/24` pada interface ether2. Simpan pengaturan dengan mengklik `OK`.

Konfigurasi WiFi

Setelah selesai dengan setting dasar, Cara Setting WiFi MikroTik hAP Lite berikutnya adalah mengatur WiFi pada MikroTik hAP Lite. Ini adalah langkah yang paling penting karena kita akan membuat WiFi yang bisa digunakan oleh perangkat lain.

1. Membuat SSID

Masuk ke menu `Wireless`, dan pilih tab `WiFi Interfaces`. Di sini, kamu akan melihat interface wlan1. Klik dua kali pada interface tersebut untuk membuka pengaturan. Di tab `Wireless`, ganti `Mode` menjadi `ap bridge`, dan di kolom `SSID`, masukkan nama jaringan WiFi yang diinginkan, misalnya “MyHomeWiFi”. Simpan pengaturan dengan mengklik `Apply` dan `OK`.

Baca juga :  Bahaya! Serangan DDoS Pada Layanan Online! Ini Dia 12 Cara Penangannya!

2. Mengatur Security Profile

Selanjutnya, kita perlu mengatur keamanan WiFi. Masuk ke tab `Security Profiles`, klik tanda `+` untuk menambah profil baru. Beri nama profil tersebut, misalnya “HomeWiFiSecurity”. Pada kolom `Mode`, pilih ` keys`, dan pada bagian `WPA` dan `WPA2 Pre-Shared Key`, masukkan kata sandi WiFi yang diinginkan. Simpan pengaturan dengan mengklik `Apply` dan `OK`.

3. Menghubungkan Security Profile dengan Interface

Kembali ke tab `WiFi Interfaces`, buka pengaturan wlan1 lagi. Di tab `Wireless`, pilih profil keamanan yang baru saja dibuat pada kolom `Security Profile`. Klik `Apply` dan `OK` untuk menyimpan pengaturan.

Demikianlah panduan lengkap cara setting WiFi MikroTik hAP Lite dengan langkah mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengatur jaringan WiFi di rumah atau kantor kecil dengan mudah dan cepat. Tidak perlu menjadi ahli jaringan untuk melakukannya, cukup ikuti panduan ini dan nikmati koneksi yang stabil.

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment