Apa itu Interference ?

No comments
interference

Interference adalah gangguan yang terjadi pada sinyal elektronik ketika sinyal tersebut terhalang oleh objek atau sinyal lain di sekitar. Dalam konteks , interference terjadi ketika sinyal wifi dari router atau perangkat lain terganggu oleh faktor lingkungan, seperti dinding, penghalang, perangkat elektronik lain, atau jaringan wifi lainnya. Interference dapat menyebabkan penurunan kecepatan dan kinerja jaringan wifi, bahkan menyebabkan putusnya koneksi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan interference dan cara mengatasi atau mencegahnya agar jaringan wifi beroperasi dengan optimal.

Permasalahan Interference

Interference signal wifi terjadi ketika sinyal wifi dari router atau perangkat lainnya terhalang oleh objek atau sinyal lain di lingkungan sekitar. Hal ini dapat menyebabkan gangguan atau penurunan kecepatan dan kinerja jaringan wifi.

interference

Faktor penyebab terjadinya interference

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan interference pada sinyal :

Baca juga :  Pengertian Register Komputer dan Jenis nya
  1. Dinding dan penghalang: Sinyal wifi dapat terhalang oleh dinding atau penghalang lainnya, seperti kaca, beton, atau logam. Semakin tebal atau padat penghalangnya, semakin besar kemungkinan terjadinya interference.
  2. Perangkat elektronik: Perangkat elektronik lainnya, seperti microwave, ponsel, dan speaker, dapat menghasilkan sinyal yang mengganggu sinyal wifi.
  3. Jaringan wifi lainnya: Jika terdapat banyak jaringan wifi yang beroperasi di sekitar Anda, sinyal wifi Anda dapat terganggu oleh sinyal wifi dari jaringan lain.

Cara mengatasi interference pada jaringan wifi

Beberapa cara untuk mengatasi interference signal wifi adalah:

  1. Ubah saluran wifi: Beralih ke saluran wifi yang kurang padat dapat membantu mengurangi interference. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti WiFi Analyzer untuk menemukan saluran wifi yang paling sedikit digunakan di lingkungan Anda dan mengubah pengaturan pada router Anda.
  2. Posisikan router dengan benar: Posisikan router Anda di tempat yang tepat dan jauh dari penghalang yang dapat memblokir sinyal. Cobalah untuk menempatkan router di tengah-tengah rumah atau kantor untuk memastikan sinyal wifi merata di seluruh ruangan.
  3. Gunakan repeater wifi: Repeater wifi dapat membantu memperluas jangkauan sinyal wifi dan memperkuat sinyal di daerah yang kurang tercover.
  4. Gunakan perangkat wifi yang lebih baik: Router wifi baru yang lebih canggih dan mempunyai teknologi lebih baru seperti dual-band atau tri-band dapat membantu mengatasi interference sinyal wifi.
Baca juga :  Ketahui Topik Modul TLJ Lengkap Di sini!

Contoh terjadinya interference bisa terjadi ketika Anda menggunakan microwave dan saat yang sama ingin streaming video melalui jaringan wifi. Cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan perangkat microwave lebih jauh dari router wifi dan menempatkan router wifi lebih jauh dari dapur. Selain itu, menggunakan perangkat wifi yang lebih canggih dan memperkuat sinyal wifi dapat membantu mengatasi masalah interference signal wifi.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment