Berbagai Teknologi WIFI

No comments
teknologi wifi

teknologi wifi

Teknologi Masa kini

Wi-Fi adalah teknologi nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke atau ke jaringan lokal. Ada beberapa standar teknologi Wi-Fi yang telah dikembangkan sejak teknologi ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1997.

Standar WIFI

Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa standar Wi-Fi yang populer saat ini:

  1. Wi-Fi 7 (802.11be): Wi-Fi 7 adalah standar Wi-Fi terbaru yang masih dalam tahap pengembangan. Standar ini menawarkan kecepatan transfer data hingga 30 Gbps dan akan menggunakan spektrum frekuensi 6 GHz. Selain itu, Wi-Fi 7 juga akan menggunakan teknologi multi-user MIMO (MU-MIMO) dengan hingga 16 aliran.
  2. Wi-Fi 6E (802.11ax): Wi-Fi 6E adalah standar Wi-Fi yang dirilis pada tahun 2020 dan merupakan versi yang ditingkatkan dari Wi-Fi 6. Wi-Fi 6E menawarkan kecepatan transfer data hingga 9,6 Gbps dan menggunakan frekuensi 6 GHz. Standar ini juga mendukung MU-MIMO dengan hingga 8 aliran. Perangkat Wi-Fi 6E dapat beroperasi pada saluran frekuensi yang lebih lebar, sehingga dapat menawarkan kecepatan dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Wi-Fi 6.
  3. Wi-Fi 6 (802.11ax): Wi-Fi 6 adalah standar Wi-Fi yang dirilis pada tahun 2019. Standar ini menawarkan kecepatan transfer data hingga 9,6 Gbps dan menggunakan frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Wi-Fi 6 juga mendukung MU-MIMO dengan hingga 8 aliran dan teknologi OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access) yang memungkinkan banyak perangkat untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi secara bersamaan.
  4. Wi-Fi 5 (802.11ac): Wi-Fi 5 adalah standar Wi-Fi yang dirilis pada tahun 2014. Standar ini menawarkan kecepatan transfer data hingga 3,5 Gbps dan menggunakan frekuensi 5 GHz. Wi-Fi 5 juga mendukung MU-MIMO dengan hingga 4 aliran.
  5. Wi-Fi 4 (802.11n): Wi-Fi 4 adalah standar Wi-Fi yang dirilis pada tahun 2009. Standar ini menawarkan kecepatan transfer data hingga 600 Mbps dan menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Wi-Fi 4 juga mendukung teknologi MIMO (Multiple Input Multiple Output) yang memungkinkan perangkat untuk terhubung ke beberapa antena pada saat yang sama.
  6. Wi-Fi 2,4: Wi-Fi 2,4 adalah standar Wi-Fi yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Standar ini dapat menawarkan kecepatan transfer data hingga 150 Mbps dan merupakan standar Wi-Fi yang paling umum digunakan pada perangkat rumah tangga.
  7. Wi-Fi ac (802.11ac): Wi-Fi ac adalah versi lain dari Wi-Fi 5. Standar ini menggunakan frekuensi 5 GHz dan menawarkan kecepatan transfer data hingga 6,9 Gbps. Wi-Fi ac juga mendukung teknologi MU-MIMO dengan hingga 4 aliran. Wi-Fi ac merupakan standar Wi-Fi yang dirilis pada tahun 2013 dan dianggap sebagai salah satu standar Wi-Fi tercepat saat itu.
  8. Wi-Fi ax (802.11ax): Wi-Fi ax adalah versi lain dari Wi-Fi 6. Standar ini menggunakan frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz dan menawarkan kecepatan transfer data hingga 9,6 Gbps. Wi-Fi ax juga mendukung teknologi MU-MIMO dengan hingga 8 aliran dan teknologi OFDMA yang memungkinkan banyak perangkat untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi secara bersamaan.
Baca juga :  Fungsi VPN - Bagaimana Cara Kerja, dan Apa Manfaatnya?

Kesimpulan

Perbedaan utama antara standar Wi-Fi yang berbeda terletak pada kecepatan transfer data, spektrum frekuensi yang digunakan, dan teknologi yang mendukung. Standar Wi-Fi yang lebih baru biasanya menawarkan kecepatan yang lebih cepat, frekuensi yang lebih lebar, dan teknologi yang lebih canggih. Namun, perangkat yang lebih lama mungkin tidak kompatibel dengan standar Wi-Fi yang lebih baru, sehingga diperlukan perangkat yang sesuai agar dapat menggunakan kecepatan dan kinerja yang ditawarkan oleh standar Wi-Fi yang lebih baru.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment