Apa Itu DNS Pribadi dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya di Android?

No comments
DNS pribadi
DNS pribadi

Menggunakan.id adalah fitur yang dapat melindungi aktivitas kita di secara anonim. Dengan menggunakan fitur ini, jejak kita saat berselancar di internet tidak akan diketahui oleh pihak pengguna lain, termasuk provider internet yang digunakan.

pribadi bekerja menggunakan sistem Transport Layer Security (TLS) dan Hypertext Transfer Protocol Security (). Keduanya sama-sama mengenkripsi setiap DNS yang akan dikirimkan, sehingga aktivitas kita di internet aman setelah menggunakan fitur ini. DNS adalah singkatan dari Domain Name System, yaitu sistem yang mengubah nama domain menjadi alamat .

DNS biasa tidak terenkripsi, sehingga pihak lain bisa melihat apa saja yang kita akses di internet. private DNS, sebaliknya, terenkripsi, sehingga pihak lain tidak bisa melihat apa saja yang kita akses di internet. Lalu, apa saja keuntungan dan kerugiannya? Dan bagaimana cara mengaktifkannya di HP Android? Penasaran, kan?Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Keuntungan dan Kerugian private DNS

DNS pribadi memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Baca juga :  Gampang Banget! Ini Penjelasan Tentang 3 Fungsi Dial Plan!
  • Meningkatkan kecepatan dan kualitas koneksi internet, karena private DNS biasanya lebih cepat dan stabil daripada DNS biasa.
  • Meningkatkan dan privasi aktivitas online, karena private DNS tidak bisa disadap atau disensor oleh pihak lain.
  • Membuka akses ke website yang diblokir, karena private DNS bisa melewati pemblokiran yang dilakukan oleh provider internet atau pemerintah.

 

private DNS juga memiliki beberapa kerugian, antara lain:

  • Membutuhkan perangkat yang mendukung fitur private DNS , karena tidak semua perangkat bisa menggunakan DNS pribadi. Umumnya, perangkat yang bisa menggunakan private DNS adalah perangkat yang menggunakan sistem operasi Android 9 ke atas, Windows 10, MacOS, dan iOS.
  • Membutuhkan hostname private DNS yang terpercaya, karena tidak semua hostname DNS pribadi bisa memberikan perlindungan yang baik. Beberapa hostname private DNS bisa saja menyimpan data kita, memblokir atau memfilter konten tertentu, atau bahkan mengandung malware.

Cara Mengaktifkan DNS Pribadi di Android

DNS pribadi

Untuk mengaktifkan DNS pribadi di Android, kita perlu memilih hostname private DNS yang sesuai dengan kebutuhan kita. Beberapa contoh hostname private DNS yang populer adalah:

  • cloudflare-dns.com: cepat, tidak memblokir atau memfilter konten.
  • adguard.com: memblokir iklan, website yang terindikasi berbahaya, dan konten dewasa.
  • google: cepat, tidak memblokir atau memfilter konten.
Baca juga :  Apa itu OS Mikrotik? Temukan Jawabannya di Sini

Setelah memilih hostname DNS pribadi, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya di Android:

  1. Buka Pengaturan Android > Koneksi lainnya.
  2. Ketuk menu private DNS.
  3. Pilih Hostname penyedia private DNS lalu isi dengan hostname DNS pribadi yang kita pilih, misalnya 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com, lalu ketuk Simpan.
  4. Buka browser (misalnya Chrome), lalu kunjungi 1.1.1.1/help.
  5. Jika private DNS sudah selesai diaktifkan, maka kolom Connected to 1.1.1.1 dan Using DNS over TLS (DoT) statusnya secara otomatis akan Yes.

Tips Memilih dan Menggunakan private DNS

Setelah mengetahui apa itu private DNS dan cara mengaktifkannya di Android, Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memilih dan menggunakan DNS pribadi yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Berikut ini beberapa tips yang bisa Kamu terapkan, diantaranya:

  • Pertimbangkan tujuan Kamu menggunakan private DNS.
  • Bandingkan beberapa hostname private DNS yang tersedia.
  • Cek kembali apakah private DNS sudah aktif dan berfungsi dengan baik.
  • Nikmati aktivitas online Kamu dengan private DNS.

Demikian artikel yang kami buat tentang DNS pribadi dan cara mengaktifkannya di Android. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu sobat Leskompi yang ingin berselancar di internet dengan lebih cepat, aman, dan bebas. Terima kasih sudah membaca.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment