Firewall Adalah? 3 Jenis Sistem Keamanan Jaringan Komputer ini!

No comments
Firewall adalah
Firewall adalah

Menggunakan.id Istilah firewall jarang terdengar di kalangan masyarakat, tetapi istilah tersebut wajib diketahui, karena fungsinya sangat bermanfaat untuk kita dalam sehari-hari, apalagi kamu yang masuk dunia teknologi. sebuah sistem yang hadir dalam sebuah yang berguna untuk melindungi komputer dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab, virus, malware, dan segala macam serangan yang dapat merugikan komputer.

Firewall dapat digambarkan seperti sebuah tembok api yang membatasi akses antara dan komputer. Firewall berfungsi sebagai filter yang mengatur informasi apa saja yang boleh terjadi dalam aktivitas online Kamu.

Firewall Adalah: Sistem Keamanan Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Firewall

Firewall adalah terbagi menjadi dua jenis, yaitu hardware dan software. Firewall perangkat keras adalah sistem jaringan yang ditemukan pada perangkat keras seperti router. Firewall jenis ini harus dikonfigurasi agar berfungsi secara optimal. Ini berbeda dengan firewall  perangkat lunak dalam bentuk perangkat lunaknya. Jenis ini biasanya sudah tertanam pada antivirus maupun sistem operasi komputer.

Baca juga :  3 Penerapan FortiGate Firewall: Keamanan Terbaik untuk Bisnis Kamu!

Firewall software juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan cara kerjanya, yaitu:

1. Packet filtering:

Firewall ini bekerja dengan memeriksa paket data yang masuk dan keluar dari jaringan. Firewall ini akan membandingkan paket data dengan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika paket data sesuai dengan aturan, maka firewall akan mengizinkan paket data tersebut. Jika tidak, maka firewall akan menolak atau membuang paket data tersebut.

2. service:

Firewall adalah bekerja dengan meneruskan permintaan dari komputer ke yang dituju. Firewall ini akan menyembunyikan alamat asli dari komputer, sehingga meningkatkan privasi dan keamanan. Firewall ini juga dapat melakukan caching, yaitu menyimpan data yang sering diakses untuk mempercepat proses pengiriman.

3. Stateful inspection:

Firewall adalah bekerja dengan memeriksa paket data dan juga konteks dari koneksi jaringan. Firewall ini akan membandingkan paket data dengan informasi yang tersimpan dalam tabel status koneksi. Jika paket data sesuai dengan informasi yang ada, maka firewall akan mengizinkan paket data tersebut. Jika tidak, maka firewall akan menolak atau membuang paket data tersebut.

Baca juga :  Pengertian Database : Komponen, Jenis, dan Contoh

Fungsi Firewall

Firewall memiliki beberapa fungsi penting dalam melindungi jaringan komputer, yaitu:

– Mencegah pencurian data pribadi:

Firewall dapat mencegah masuknya hacker, spyware, dan malware yang dapat mencuri data pribadi Kamu, seperti nomor kartu kredit, password, dan informasi penting lainnya.

– Memblokir website tertentu:

Firewall dapat membantu Kamu untuk mengontrol akses ke website yang tidak diinginkan, seperti website yang mengandung konten pornografi, kekerasan, atau radikalisme.

– Memblokir pesan berbahaya:

Firewall adalah mencegah Kamu dari menerima pesan yang mengandung virus, spam, atau phishing yang dapat merusak komputer Kamu atau menipu Kamu.

– Memantau penggunaan bandwidth:

Firewall dapat mengawasi penggunaan bandwidth pada jaringan komputer Kamu, sehingga Kamu dapat menghemat biaya dan meningkatkan kinerja jaringan.

– Mendukung akses :

Firewall dapat mendukung Kamu untuk mengakses jaringan pribadi virtual (VPN) yang dapat memberikan Kamu koneksi yang lebih aman dan terenkripsi.

– Menjaga keamanan game online:

Firewall adalah melindungi Kamu dari (Distributed Denial of Service) yang dapat mengganggu koneksi Kamu saat bermain game online.

Baca juga :  HSRP Adalah : Pengertian, Tujuan dan Contoh Konfigurasi

– Mencegah kebocoran data:

Firewall dapat mencegah data penting dari perusahaan atau organisasi Kamu bocor ke pihak yang tidak berhak.

Demikian artikel yang kami buat tentang Firewall Adalah Sistem Keamanan Jaringan Komputer. Semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment