Apa itu Free SMTP Server dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

No comments
free SMTP server
free SMTP server

Free SMTP server adalah yang bisa digunakan secara gratis, tanpa perlu membayar biaya bulanan atau per email. Biasanya, free SMTP ditawarkan oleh penyedia layanan email seperti Gmail, Yahoo, Outlook, dan lain-lain.

Namun, ada juga yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang email marketing, seperti SendGrid, Mailjet, Mailgun, dan lain-lain. Lalu, apa keuntungannya? Dan bagaimana cara menggunakannya? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

Free SMTP servers

Keuntungan Menggunakan Free SMTP Server

Menggunakan free SMTP server memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Baca juga :  Jaringan dan Internet

–        Hemat biaya.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengirim email. Kamu hanya perlu mendaftar di free SMTP yang kamu pilih dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

–        Mudah digunakan.

Kamu tidak perlu menginstal atau mengkonfigurasi apapun di komputer atau perangkat kamu. Kamu hanya perlu menghubungkan free SMTP dengan aplikasi email kamu. Caranya pun cukup mudah, tinggal masukkan nama pengguna, kata sandi, alamat SMTP server, dan yang digunakan.

–        Dapat meningkatkan deliverability.

Deliverability adalah kemampuan email kamu untuk sampai ke inbox penerima, bukan ke spam folder. Dengan menggunakan free SMTP server, kamu dapat meningkatkan deliverability email kamu. Selain itu, free SMTP juga memiliki fitur-fitur yang dapat membantu kamu menghindari spam, seperti autentikasi, enkripsi, dan feedback loop.

post smtp blog How to Configure a Free SMTP Server to Send WordPress Emails Social Media

Cara Menggunakan Free SMTP Server

Untuk menggunakan free SMTP server, kamu perlu melakukan beberapa hal, antara lain:

1.     Memilih free SMTP server yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ada banyak pilihan free SMTP server yang bisa kamu gunakan, seperti Gmail SMTP server, Mailtrap, MailerSend, Elastic Email, Mailjet, turboSMTP, Mailgun, Sendinblue, SendPulse, SendGrid, Amazon SES, SMTP2GO, dan Netcore Email API.

Baca juga :  Perbedaan IP Address dan MAC Address

2.     Mendaftar di free SMTP yang kamu pilih.

Kamu bisa mengunjungi situs web free SMTP yang kamu pilih dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan. Biasanya, kamu akan diminta untuk memasukkan nama, alamat email, kata sandi, dan informasi lainnya. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan akun dan akses ke dashboard free SMTP yang kamu pilih.

3.     Menghubungkan free SMTP dengan aplikasi email kamu.

Kamu bisa menghubungkan free SMTP dengan aplikasi email kamu, baik itu webmail seperti Gmail, Yahoo, atau Outlook, maupun desktop mail seperti Outlook, Thunderbird, atau Apple Mail. Caranya adalah dengan mengatur pengaturan SMTP di aplikasi email kamu.

4.     Mengirim email dengan free SMTP .

Setelah menghubungkan free SMTP dengan aplikasi email kamu, kamu bisa mulai mengirim email dengan free SMTP . Kamu bisa mengirim email seperti biasa, dengan memasukkan alamat penerima, subjek, dan isi email. Email kamu akan dikirim melalui free SMTP yang kamu pilih dan sampai ke inbox penerima dengan cepat dan aman.

Baca juga :  Pengertian VLAN beserta Jenis dan Fungsinya

free SMTP server

Kesimpulan

Free SMTP server adalah SMTP server yang bisa digunakan secara gratis untuk mengirim email. Free SMTP memiliki beberapa keuntungan, seperti hemat biaya, mudah digunakan, dan dapat meningkatkan deliverability.

Untuk menggunakan free SMTP , kamu perlu memilih free SMTP yang sesuai dengan kebutuhan kamu, mendaftar di free SMTP yang kamu pilih, menghubungkan free SMTP dengan aplikasi email kamu, dan mengirim email dengan free SMTP .

Demikian artikel yang kami buat tentang free SMTP server. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi kamu tentang smtp server. Jangan lupa untuk like and share, artikel ini ke teman-teman kamu yang juga ingin mengetahui tentang smtp server. Terima kasih sudah membaca.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment