5 Rekomendasi WiFi Assessment

No comments
wifi assessment

5 Rekomendasi Untuk Anda

 

Untuk mengetahui kondisi jaringan dari yang Anda gunakan, Anda dapat menggunakan WiFi Assessment atau WiFi Analyzer. Apalagi, gangguan layanan jaringan seringkali mengakibatkan beberapa pekerjaan menjadi sedikit terhambat.

Maka dari itu, penggunaan WiFi Assessment ini dapat membantu Anda untuk mendeteksi adanya gangguan pada layanan yang Anda gunakan. Hal ini karena aplikasi tersebut dapat membantu Anda untuk memastikan jika jaringan yang digunakan berjalan normal.

wifi assessment

Selain itu, dengan WiFi Analyzer ini membantu para engineer di perusahaan untuk memperbaiki jaringan. Analisis jaringannya dapat dilakukan dengan teknis connection monitoring atau tes ping pada komputer client dan juga traffic monitoring dengan paket aktual.

Apa itu WiFi Assessment?

WiFi analyzer atau assessment ini merupakan sebuah program perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk memonitoring dan mereview kondisi jaringan. Biasanya dapat diinstall melalui komputer, laptop, maupun smartphone dan dapat digunakan untuk mendeteksi seluruh jaringan atau saluran WiFi.

Baca Juga : Network Assessment

Selain itu, aplikasi yang dapat memonitoring dan mereview kondisi jaringan WiFi ini juga dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan jangkauan sinyal internet Anda. Perangkat-perangkat ini dapat Anda temukan di kantor, tempat umum, perusahaan, bahkan juga di rumah.

Baca juga :  Teleconference

Rekomendasi Aplikasi WiFi Assessment Terbaik

Selain dengan konsultasi, Anda juga dapat melakukan monitoring atau mengetahui kondisi jaringan WiFi Anda menggunakan Aplikasi WiFi Assessment atau WiFi Analyzer yang dapat Anda install melalui perangkat memang banyak sekali. Namun, berikut ini adalah rekomendasi beberapa aplikasi WiFi Analyzer terbaik yang dapat Anda coba unduh.

1.     Solar Winds

Salah satu aplikasi monitoring jaringan yang paling mudah dan intuitif adalah SolarWinds yang berasal dari Texas, Amerika. Monitoring kinerja jaringan menggunakan SolarWinds pun banyak dipilih pengguna karena user interface-nya yang sederhana dan mudah dipahami. Hal ini karena visualization experience yang ditawarkan berkualitas tinggi.

 

Kemudian, Anda dapat melihat peta infrastruktur dan juga bilah status yang tersedia pada report kondisi jaringan Anda. Selain itu tampilan NOC dan petanya juga cukup mendetail karena tersedia dalam tampilan geografis jaringan. Perangkatnya pun nyaman dengan desain yang lebih kompatibel pada infrastruktur jaringan.

2.     Zabbix

Aplikasi monitoring atau WiFi analyzer selanjutnya adalah Zabbix, yang berbasis open source. Aplikasi ini memang dirancang untuk dapat memantau dan melacak status jaringan internet, jaringan pada perangkat keras, server, dan juga pada aplikasi. Perangkat lunak Zabbix ini juga menawarkan dukungan pada banyak banyak basis sistem data seperti SQLite, IBM DB2, MySQL, dan PostgreSQL.

Baca juga :  Roaming Adalah: Pengertian, Fungsi, dan 4 Cara Mengaktifkannya

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Monitoring Jaringan

Selain itu, aplikasi Zabbix ini juga menggunakan bahasa pemrograman C yang biasanya digunakan untuk back end level dan PHP untuk front end. Beberapa pendukung aplikasi Zabbix ini diantaranya yaitu Hyper-V, VMware, dan juga virtualisasi lainnya. Di mana terdapat beberapa jaringan, cloud, pemantauan KPI/, dan server juga dapat di monitoring.

3.     ManageEngine OpManager

Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk melakukan monitoring jaringan dengan meminimalkan hambatan pada jaringannya. Selain itu, Anda juga dapat memantau kekuatan jaringan dari server dan juga melakukan analisis bandwidth yang merupakan kontrol kelajuan jaringan internet. Maka dari itu, aplikasi ini sangat cocok jika Anda gunakan untuk menemukan potensi masalah pada jaringan.

 

Selain itu, aplikasi ManageEngine OpManager juga menawarkan beberapa manajemen konfigurasi jaringan. Sehingga dapat membantu Anda untuk saat terjadi perubahan konfigurasi jaringan melalui pemberitahuan yang dikirimkan. Selain itu, pelacakan dan dapat membuat audit jaringan yang dilakukan secara real time, dan juga mencadangkannya.

4.     Netmonk

Salah satu aplikasi monitoring jaringan asli karya anak bangsa ada Netmonk. Aplikasi ini memiliki tampilan user interface yang yang cukup proaktif dan juga preventif maintenance yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman seperti React JS dan juga Golang, serta didukung oleh implementasi cloud system. Selain itu beberapa perangkat yang dapat dimonitoring menggunakan aplikasi ini adalah bridge, router, dan masih banyak lagi.

Baca juga :  Konsep dan Pengertian DMVPN

 

Aplikasi ini dapat membantu pada manajer IT dan tim operasionalnya untuk mengelola jaringan, melakukan audit performa, dan juga optimalisasi sumber daya infrastruktur pada jaringan. Selain itu, informasi yang akan Anda dapatkan dari aplikasi ini juga benar-benar real time, bersifat end to end, dan juga dapat di install pada berbagai tipe dan juga bermacam-macam merek perangkat.

5.     Paessler PRTG

Aplikasi monitoring jaringan asal Jerman satu ini cukup terkenal karena kemampuannya yang canggih saat mengelola infrastruktur jaringan. Hal ini karena perangkat lunaknya dapat menganalisis trafik dan juga sistem jaringan dengan mudah. Tampilannya pun cukup mudah dipahami dengan pemberian kode warna dan juga grafik.

 

Hal tersebut tentunya dapat membantu Anda melihat kinerja jaringan secara menyeluruh. Aplikasi Paessler PRTG juga dilengkapi dengan teknologi seperti SSH, Flows / Packet Sniffing, SNMP, WMI, REST API, ping, dan SQL, dan juga Request. Maka dari itu, Anda dapat melakukan pemindaian jaringan secara otomatis menggunakan rentang yang terhubung jaringan secara otomatis.

 

Itulah sedikit informasi mengenai WiFi Assessment dan beberapa rekomendasi aplikasi WiFi Analyzer yang mungkin dapat membantu Anda untuk melakukan monitoring dan mereview jaringan WiFi Anda. Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat memastikan kinerja server agar layanan internet yang Anda gunakan tetap berjalan optimal.

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment