Pengertian Ip Address, Jenis, dan Contohnya!

No comments
pengertian ip address
pengertian ip address

Pernah mendengar address? Kamu yang sering berkutat dengan dunia , pastinya tidak akan asing lagi bukan? Namun meski begitu, kira-kira apa pengertian ip address? adalah singkatan dari Internet Protocol address, yaitu sebuah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke internet atau .

, Jenis, dan Contohnya!

IP address berfungsi sebagai pengirim dan penerima data yang ditransmisikan melalui jaringan. Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan harus memiliki IP address yang unik agar dapat berkomunikasi dengan perangkat lain.

pengertian ip address
pengertian ip address

Jenis IP Address

Setelah mengetahui pengertian ip address, perlu diketahui bahwa ada dua jenis IP address yang umum digunakan, yaitu dan IPv6. IPv4 adalah versi IP address yang paling banyak digunakan saat ini, yang terdiri dari 32 bit angka biner yang dipisahkan oleh titik. Contoh IPv4 adalah 192.168.1.1.

Baca juga :  Mengenal tentang Load Balancing

Dan IPv6 adalah versi IP address yang dikembangkan untuk mengatasi keterbatasan IPv4, yang terdiri dari 128 bit angka heksadesimal yang dipisahkan oleh tanda dua titik. Contoh IPv6 adalah 2001:db8::1.

Perbedaan antara IP Address Publik dan Privat

Perbedaan antara IP address publik dan privat adalah sebagai berikut:

  • Pengertian IP address publik adalah alamat IP yang diberikan oleh penyedia layanan internet (ISP) kepada perangkat yang terhubung ke internet secara langsung. Alamat IP publik bersifat unik dan dapat diakses dari seluruh dunia. Sedangkan IP address privat adalah alamat IP yang digunakan dalam jaringan lokal dan tidak dapat diakses dari internet secara langsung.
  • Dan pengertian IP address publik digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang berkomunikasi di internet global, seperti router, , atau komputer. IP address publik juga digunakan sebagai identitas kita di internet. Sedangkan pengertian IP address privat digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang berkomunikasi di jaringan lokal, seperti printer, scanner, atau smartphone.
  • IP address publik memiliki rentang alamat yang ditentukan oleh beberapa lembaga, seperti IANA, RIRs, dan ISP. IP address publik dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu A, B, C, D, dan E. Contoh IP address publik adalah 8.8.8.8, 172.217.194.100, atau 2001:db8::1. Sedangkan IP address privat memiliki rentang alamat yang ditentukan oleh RFC 1918, yaitu 10.0.0.0/8, 172.16.0.0/12, dan 192.168.0.0/16. Contoh IP address privat adalah 10.0.0.1, 172.16.0.2, atau 192.168.0.3.
  • IP address publik dapat berubah-ubah sesuai dengan alokasi ISP, kecuali jika menggunakan IP address statis yang tetap. IP address publik juga dapat berubah-ubah jika perangkat berpindah lokasi atau jaringan. Sedangkan IP address privat dapat tetap atau berubah-ubah sesuai dengan pengaturan jaringan lokal, seperti atau manual. IP address privat juga tidak berubah jika perangkat berpindah lokasi atau jaringan, selama masih dalam jaringan lokal yang sama.
Baca juga :  6 Dampak Positif Jaringan Komputer yang Perlu Kamu Ketahui?

Contoh IP Address

Berikut ini adalah beberapa contoh IP address beserta keterangan dan fungsinya:

  • 0.0.1: IP address ini disebut juga sebagai loopback address, yang digunakan untuk menguji koneksi jaringan pada perangkat sendiri. IP address ini tidak dapat diakses oleh perangkat lain.
  • 168.0.1: IP address ini disebut juga sebagai default gateway, yang merupakan alamat router atau modem yang menghubungkan perangkat ke jaringan internet. IP address ini dapat digunakan untuk mengakses pengaturan router atau modem.
  • 8.8.8: IP address ini adalah salah satu alamat (Domain Name System) yang disediakan oleh Google. DNS adalah sistem yang mengubah nama domain (misalnya www.google.com) menjadi IP address (misalnya 172.217.194.100). IP address ini dapat digunakan untuk mengubah pengaturan DNS pada perangkat agar dapat mengakses situs web yang diblokir oleh penyedia layanan internet.

Dan itulah penjelasan tentang pengertian ip address, jenis, peredaan IP Address privat dan publik, serta contohnya. Semoga bermanfaat!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment