Perbedaan PABX dan PBX Server

No comments

Pengantar

Selamat datang!

Menggunakan.id – Pada artikel ini, akan kita bahas tentang perbedaan antara dan . Kedua konsep ini sering digunakan sebagai sistem telepon yang digunakan di perusahaan. Meskipun tampak sama, ada beberapa perbedaan di antara keduanya yang dapat membantu Anda memilih yang tepat untuk kebutuhan Anda. Perbedaan ini akan kita jelaskan secara lebih rinci di bawah ini.

Kami berharap bahwa Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini. Selamat membaca!

Pengertian PABX dan PBX Server: Apa Perbedaan Mereka?

PABX dan PBX Server adalah konsep yang sama, tetapi mereka memiliki fitur, fungsi, dan aplikasi yang berbeda. PABX (Private Automatic Branch Exchange) adalah sistem telepon publik yang tersambung ke telepon tradisional yang memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk menghubungkan dan mengalihkan panggilan secara internal. Sistem ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan komunikasi multilokasi. PBX Server adalah sistem telepon internal yang menggabungkan beberapa komunikasi antara satu sentral dan komputer. PBX Server mengizinkan komunikasi antara ponsel, laptop, dan telepon kabel dan dapat berfungsi sebagai jembatan antara jaringan telepon dan . Dengan PBX Server, komunikasi dapat diatur tanpa memerlukan konfigurasi ulang atau instalasi tambahan. Perbedaan utama antara PABX dan PBX Server adalah PABX berfungsi sebagai sistem telepon publik yang memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk menghubungkan dan mengalihkan panggilan secara internal, sementara PBX Server berfungsi sebagai sistem telepon internal yang menggabungkan beberapa komunikasi antara satu sentral dan komputer.

Bagaimana PABX dan PBX Server Bekerja?

PABX (Private Automatic Branch Exchange) dan PBX (Private Branch Exchange) Server adalah sistem telekomunikasi yang mengizinkan organisasi untuk menghubungkan dua atau lebih lokasi jarak jauh melalui jaringan telepon. PABX dan PBX Server bekerja dengan cara menyediakan sebuah jaringan internal yang memungkinkan organisasi untuk menghubungkan lokasi-lokasi yang berbeda dengan satu sambungan jaringan tanpa memerlukan jaringan telepon luar. PABX dan PBX Server menyediakan sebuah server yang dikonfigurasi untuk menghubungkan lokasi-lokasi yang berbeda dengan cara menggunakan kabel eksternal atau jaringan internal yang dikonfigurasi dengan perangkat telepon. Sistem ini juga dapat menghubungkan lokasi-lokasi yang berbeda dengan cara menggunakan jaringan telepon luar. PBX Server juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti layanan panggilan konferensi, pemindaian nomor, panggilan darurat, dan lain-lain.\

Baca juga :  Throughput Adalah, dan Mengapa Penting untuk Diketahui?

Apa Kelebihan dan Kekurangan PABX dan PBX Server?

KELEBIHAN PABX

  • PABX dapat mengatur panggilan keluar, memungkinkan panggilan langsung ke luar tanpa menggunakan operator.
  • PABX memungkinkan pengguna berbagi sumber daya suara antara berbagai jenis perangkat telepon, seperti telepon rumah dan telepon genggam.
  • PABX dapat membantu mengontrol biaya panggilan, karena ia dapat menghubungkan panggilan ke tarif yang lebih rendah.
  • PABX memungkinkan orang yang berada di lokasi lain untuk berkomunikasi dengan menggunakan perangkat telepon.

KEKURANGAN PABX

  • PABX mengharuskan organisasi untuk menginstal perangkat lunak dan hardware kompleks untuk melakukan instalasi dan operasi.
  • PABX memerlukan biaya untuk perawatan dan pemeliharaan yang tinggi.
  • PABX memerlukan koneksi yang kuat untuk berfungsi dengan benar.
  • PABX sering memiliki masalah yang berhubungan dengan protokol komunikasi yang digunakan.

KELEBIHAN PBX SERVER

  • PBX Server dapat digunakan untuk mengalihkan panggilan dari satu akun ke akun lain dalam jaringan yang sama.
  • PBX Server dapat membantu organisasi mengontrol biaya panggilan dengan mengalihkan panggilan ke tarif yang lebih rendah.
  • PBX Server dapat digunakan untuk mengukur lalu lintas panggilan, memungkinkan organisasi untuk mengukur efisiensi komunikasi.
  • PBX Server menawarkan fitur canggih seperti pemutaran musik saat menunggu, pemutaran pesan suara, dan dukungan untuk layanan .

KEKURANGAN PBX SERVER

  • PBX Server memerlukan biaya tinggi untuk perawatan dan pemeliharaan.
  • PBX Server sangat rentan terhadap masalah keamanan, karena beberapa protokol komunikasi yang digunakan.
  • PBX Server memerlukan koneksi internet yang kuat untuk berfungsi dengan benar.
  • PBX Server membutuhkan keterampilan teknis untuk menginstal dan mengoperasikan perangkat lunak dan hardware yang diBagaimana Cara Memilih Antara PABX dan PBX Server? Bagi para pemilik bisnis, memilih antara PABX dan PBX Server adalah hal penting ketika menentukan infrastruktur komunikasi. Keduanya menawarkan solusi komunikasi yang berbeda yang tepat untuk kebutuhan khusus. PABX menawarkan berbagai fitur dan dapat dikelola dengan mudah. PBX Server menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi server lainnya. Kedua jenis sistem juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Baca juga :  SLA Service Level Agreement adalah

Untuk membantu Anda memilih sistem yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Biaya: PABX biasanya lebih murah dari PBX Server. PABX juga lebih mudah dioperasikan dan diinstal, sehingga biaya instalasi dan perawatannya relatif rendah.
  • Fleksibilitas: PBX Server memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi. Ini memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. PBX Server juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi server lainnya untuk meningkatkan efisiensi.
  • Fitur: PABX menawarkan berbagai fitur, seperti panggilan langsung, pemilihan panggilan, dan panggilan conference. Fitur ini memberi Anda fleksibilitas untuk menyesuaikan sistem dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Integrasi: PBX Server lebih mudah diintegrasikan dengan aplikasi server lainnya, seperti CRM, email, dan aplikasi lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan berbagai layanan komunikasi ke dalam satu sistem.

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda harus dapat menentukan apakah PABX atau PBX Server yang paling cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kinerja PABX dan PBX Server?

  • Pastikan untuk memperbarui perangkat lunak PBX dan PABX secara berkala.
  • Bersihkan semua jalur telepon untuk menghilangkan sinyal yang berlebihan.
  • Pertahankan koneksi internet yang cepat dan handal untuk memastikan kinerja yang optimal.
  • Periksa komponen fisik PBX dan PABX untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan baik.
  • Pastikan untuk memperbarui dan pengaturan keamanan secara berkala untuk mencegah serangan berbahaya.
  • Gunakan antarmuka web yang kuat dan aman untuk mengelola PBX dan PABX dari jarak jauh.
  • Pastikan untuk memasang dan memperbarui sistem backup secara berkala untuk menghindari kehilangan informasi penting.
  • Gunakan alat manajemen berbasis cloud untuk memonitor dan mengelola PBX dan PABX dari jarak jauh.Bagaimana Cara Memilih Komponen PABX dan PBX Server? 1. Beritahu pemasok Anda tentang ukuran dan jumlah kantor yang akan Anda layani.
  • Jelaskan jenis jaringan yang Anda gunakan dan jenis aplikasi yang Anda gunakan.
  • Pahami jenis layanan yang dibutuhkan, termasuk jumlah saluran yang dibutuhkan, jumlah konferensi yang diinginkan, dan banyak lagi.
  • Pahami jenis jaringan yang dibutuhkan untuk membangun koneksi PABX dan PBX Server.
  • Pahami jenis aplikasi yang dapat didukung oleh PABX dan PBX Server.
  • Tentukan jenis fitur yang diinginkan, termasuk jumlah saluran yang dibutuhkan, konferensi, panggilan ditingkatkan, dan lainnya.
  • Bandingkan harga dan kualitas produk yang tersedia di pasar.
  • Pilih vendor yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Beritahu pemasok Anda tentang jenis dan jumlah dukungan teknis yang Anda butuhkan.
  • Pahami kebutuhan masa depan Anda terkait dengan PABX dan PBX Server.

Baca juga :  Pengertian Protokol H.323

Bagaimana Cara Memonitor dan Mengelola PABX dan PBX Server?

Cara Memonitor dan Mengelola PABX dan PBX Server adalah melalui menggunakan sejumlah alat bantu berbasis komputer. Alat bantu tersebut biasanya berupa aplikasi berbasis web atau aplikasi yang diunduh untuk diinstal pada komputer. Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses server PABX dan PBX dan mengelola konfigurasi yang berhubungan dengan jalur panggilan, pemancar, pengguna, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan pemantauan dan pemeliharaan server PABX dan PBX. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memantau kinerja dan kualitas jalur panggilan, serta memastikan bahwa server berfungsi dengan baik. Dengan menggunakan alat bantu ini, Anda juga dapat memastikan bahwa server PABX dan PBX yang Anda miliki akan dijaga dengan baik dan dapat memberikan layanan yang handal kepada pelanggan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari perbedaan antara PABX dan PBX Server adalah bahwa PABX adalah sistem telepon tradisional yang menggunakan teknologi analog untuk menghubungkan komunikasi telepon. Sedangkan PBX Server adalah sistem telepon berbasis yang menggunakan teknologi jaringan komputer untuk menghubungkan komunikasi telepon. Meskipun memiliki beberapa kesamaan, PABX dan PBX Server memiliki beberapa perbedaan yang signifikan dalam hal biaya, fleksibilitas, skalabilitas, dan kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai layanan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Leave a Comment