Teleconference

No comments
teleconference

adalah Teknologi yang Menguntungkan bagi Banyak Orang

teleconference

Teleconference adalah komunikasi yang menghubungkan pertemuan dua peserta atau lebih menggunakan audio atau audio-visual secara digital. Dengan teknologi teleconference, hal ini sangat memudahkan Anda yang ingin melakukan rapat atau pembelajaran dengan komunikasi jarak jauh.

Teknologi ini memang sangat terkenal pada saat pandemi, banyak perusahaan, sekolah, hingga perkuliahan menggunakan teleconference sehingga aktivitas bisa tetap dijalankan meskipun dalam kondisi jarak jauh. Di artikel ini, Anda akan melihat lebih jauh tentang teleconference.

Pengertian Teleconference

Teleconference adalah pertemuan audio atau audio-visual interaktif yang dilakukan antar dua peserta atau lebih yang tersebar dari berbagai tempat melalui media digital. Disini, para peserta bisa berkomunikasi melalui telekomunikasi menggunakan tablet, ponsel, laptop, dan komputer.

Pada awalnya, teleconference dilakukan melalui saluran telepon dan hanya terbatas pada audio, namun, sekarang ini teleconference lebih umum untuk dilakukan secara online atau menggunakan Voice over Protocol () yang memungkinkan Anda untuk melakukan teleconference menggunakan video juga.

Baca juga :  Tambah Pengetahuan! Ini Pengertian Dedicated Server Singapore!

Untuk bisa dikatakan sebuah teleconference, setidaknya ada beberapa aktivitas yang perlu dilakukan, seperti:

  1. Menggunakan saluran telekomunikasi.
  2. Menciptakan interaksi antar para peserta yang berpartisipasi.
  3. Adanya aktivitas interaktif yang menghasilkan komunikasi dua arah.
  4. Menghubungkan dua orang atau lebih dari tempat yang berbeda dalam satu waktu.

Jenis-Jenis Teleconference

Setidaknya, ada empat jenis teleconference yang perlu Anda ketahui berdasarkan jenis media yang digunakan, di antaranya jenis-jenis teleconference adalah:

1.     Audio Teleconference

Sesuai dengan namanya, yaitu audio, artinya opsi yang disediakan pada sebuah teleconference hanya menggunakan suara. Jika menggunakan opsi ini, biasanya beberapa peserta sudah mengetahui agenda yang akan dirapatkan sebelumnya, sehingga tidak membutuhkan video tambahan dan langsung membahas materi yang akan dirapatkan.

2.     Electronic Whiteboard Teleconference

Untuk menggunakan opsi ini, Anda memerlukan koneksi telekomunikasi yang cukup tinggi. Awalnya, opsi ini dirancang untuk membantu pembelajaran jarak jauh dengan menciptakan ruang kelas digital yang terlihat nyata. Namun, penggunaannya kini tidak hanya di lingkungan pembelajaran saja, karena beberapa perusahaan pun menggunakan opsi tersebut.

3.     Video Teleconference

Dengan opsi video teleconference, peserta bisa menggunakan koneksi internet untuk pertemuan tatap muka secara virtual. Video teleconference merupakan jenis yang paling sering digunakan karena para peserta bisa saling berinteraksi dan terhubung secara langsung.

Baca juga :  Apa itu Interference ?

4.     Computer Teleconference

Computer teleconference adalah komunikasi tertulis antar dua komputer atau lebih menggunakan input keyboard dan aplikasi umum. Umumnya, computer teleconference menggunakan email atau platform khusus sehingga para peserta dapat berkumpul. Kemudian para peserta akan memulai diskusi yang sudah dikirimkan sebelum teleconference dimulai.

Kelebihan Teleconference

Dibandingkan konferensi tatap muka secara langsung, teleconference diyakini memiliki beberapa keuntungan, berikut adalah kelebihan dari teleconference.

1.     Hemat Biaya dan Waktu

Teleconference membuat para peserta tidak perlu biaya transportasi yang mahal, sehingga ini akan menghemat budget para peserta. Selain itu, dengan penggunaan teleconference, rapat diskusi dapat dilaksanakan secara tepat waktu.

2.     Fleksibel

Para peserta dapat menghadiri panggilan teleconference dari tempat mana pun menggunakan perangkat yang menyediakan teknologi teleconference.

3.     Adanya Fitur Chat

Fitur chat memudahkan para peserta untuk berkomunikasi lebih lanjut dan melakukan kolaborasi meskipun berada di tempat yang jauh. Dengan begitu, bisnis ataupun pembelajaran bisa tetap berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

4.     Menawarkan Fitur Penjadwalan

Fitur jadwal yang tersedia pada teleconference akan memudahkan para peserta, hal ini dikarenakan para peserta akan diberikan tautan yang berisikan jadwal pertemuan akan dimulai, kemudian mereka bisa langsung mengakses teleconference melalui ponsel atau komputer mereka.

Baca juga :  Berbagai Teknologi WIFI

5.     Tersedianya yang Tinggi

Untuk mengantisipasi teleconference dihadiri oleh orang yang tidak berwenang, beberapa platform akan menyediakan kode akses tambahan agar rapat atau pembelajaran bisa berlangsung tanpa ada kendala.

Kekurangan Teleconference

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, teleconference juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan dari teleconference.

1.     Membutuhkan Koneksi Internet yang Tinggi

Teleconference adalah pertemuan yang menggunakan audio-visual, oleh karena itu, Anda perlu memiliki jaringan internet yang stabil dan cukup memakan yang besar. Usahakan Anda berada di tempat yang mudah menjangkau jaringan internet agar Anda bisa mengikuti pertemuan tanpa gangguan.

2.     Mudah Teralihkan

Meskipun teleconference memudahkan Anda untuk mengikuti pertemuan dari mana pun, sayangnya ada beberapa peserta yang merasa bahwa teleconference dapat membuat mereka teralihkan dari diskusi. Hal ini dikarenakan Anda bisa mematikan audi dan video milik Anda sehingga tidak ada yang mengetahui apa yang sedang Anda lakukan.

Di beberapa kasus, para peserta kebanyakan tidak sengaja tertidur pada saat pertemuan atau pembelajaran dilakukan tanpa ada yang mengetahui. Maka, Anda perlu inisiatif yang tinggi agar tidak teralihkan.

Nah, itu dia informasi yang dapat kami sampaikan mengenai teleconference. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment