Aruba Central

No comments
aruba central

Pengertian Aruba Central

Aruba Central adalah platform manajemen awan yang dirancang untuk mengelola Wi-Fi, switch, dan perangkat jaringan lainnya. Aruba Central memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur, mengelola, dan memantau perangkat jaringan dari satu tempat yang terpusat. Platform ini menyediakan antarmuka pengguna web yang mudah digunakan dan dapat diakses dari mana saja dengan koneksi .

aruba central

Fitur Aruba Central

Berikut adalah beberapa fitur pada Aruba Central:

  1. Manajemen perangkat: Fitur ini memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur, mengelola, dan memantau perangkat jaringan seperti AP, switch, dan dari satu tempat.
  2. Manajemen : Fitur ini memungkinkan administrator jaringan untuk memantau ancaman keamanan dan mengatur kebijakan keamanan.
  3. Manajemen konfigurasi: Fitur ini memungkinkan administrator jaringan untuk mengkonfigurasi dan memperbarui perangkat jaringan.
  4. Manajemen jaringan: Fitur ini memungkinkan administrator jaringan untuk membuat dan mengelola jaringan .
  5. Analitik: Fitur ini memungkinkan administrator jaringan untuk melihat laporan tentang penggunaan jaringan, kinerja perangkat, dan lain-lain.
  6. Manajemen terpadu untuk jaringan Wi-Fi: Fitur ini memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur jaringan Wi-Fi dari satu tempat.
  7. Remote : Fitur ini memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur dan memantau perangkat jaringan di lokasi cabang dari satu tempat.
  8. Integrasi dengan platform pihak ketiga: Aruba Central menyediakan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti Microsoft Azure dan Amazon Web Services (AWS).
  9. Keamanan yang baik: Aruba Central menyediakan enkripsi SSL dan enkripsi AES untuk melindungi data yang dikirimkan melalui platform. Selain itu, Aruba Central juga memiliki kebijakan keamanan yang ketat, seperti autentikasi dua faktor untuk memastikan bahwa hanya administrator jaringan yang berwenang yang dapat mengakses platform.
  10. Akses dari mana saja: Aruba Central dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet, sehingga administrator jaringan dapat mengakses platform dari perangkat apa pun yang terhubung ke internet, termasuk ponsel pintar dan tablet.
Baca juga :  Pengertian Quality of Service (QoS)

Penjelasan

Aruba Central memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti manajemen perangkat, manajemen keamanan, manajemen konfigurasi, manajemen jaringan, dan analitik. Fitur manajemen perangkat memungkinkan administrator jaringan untuk melihat dan mengelola perangkat jaringan seperti AP, switch, dan firewall dari satu tempat. Fitur manajemen keamanan memungkinkan administrator jaringan untuk memantau ancaman keamanan dan mengatur kebijakan keamanan. Fitur manajemen konfigurasi memungkinkan administrator jaringan untuk mengkonfigurasi dan memperbarui perangkat jaringan. Fitur manajemen jaringan memungkinkan administrator jaringan untuk membuat dan mengelola jaringan VLAN. Sedangkan fitur analitik memungkinkan administrator jaringan untuk melihat laporan tentang penggunaan jaringan, kinerja perangkat, dan lain-lain.

Aruba Central juga memiliki fitur manajemen terpadu untuk jaringan Wi-Fi, yang memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur jaringan Wi-Fi dari satu tempat. Fitur manajemen terpadu mencakup manajemen perangkat Wi-Fi, manajemen keamanan Wi-Fi, dan manajemen pengguna Wi-Fi. Fitur manajemen perangkat Wi-Fi memungkinkan administrator jaringan untuk melihat dan mengelola perangkat Wi-Fi seperti AP dari satu tempat. Fitur manajemen keamanan Wi-Fi memungkinkan administrator jaringan untuk memantau ancaman keamanan dan mengatur kebijakan keamanan Wi-Fi. Sedangkan fitur manajemen pengguna Wi-Fi memungkinkan administrator jaringan untuk mengelola pengguna Wi-Fi dan mengatur kebijakan akses Wi-Fi.

Baca juga :  LACP : Pengertian, Tujuan dan Contoh Konfigurasi pada Cisco

Aruba Central juga memungkinkan administrator jaringan untuk mengelola perangkat jaringan di lokasi cabang dengan fitur Remote Node. Fitur ini memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur dan memantau perangkat jaringan di lokasi cabang dari satu tempat. Selain itu, Aruba Central juga menyediakan integrasi dengan platform pihak ketiga seperti Microsoft Azure dan Amazon Web Services (AWS).

Dalam hal keamanan, Aruba Central menyediakan keamanan yang sangat baik. Platform ini menyediakan enkripsi SSL dan enkripsi AES untuk melindungi data yang dikirimkan melalui platform. Selain itu, Aruba Central juga memiliki kebijakan keamanan yang ketat, seperti autentikasi dua faktor untuk memastikan bahwa hanya administrator jaringan yang berwenang yang dapat mengakses platform.

Aruba Central sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki jaringan yang luas dan kompleks. Platform ini memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur, mengelola, dan memantau jaringan dari satu tempat yang terpusat, yang dapat menghemat waktu dan sumber daya. Aruba Central juga menyediakan antarmuka pengguna yang mudah digunakan, sehingga administrator jaringan dapat dengan mudah mengelola jaringan tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.

Baca juga :  Pengertian IP Address

Selain itu, Aruba Central juga menyediakan fitur analitik yang berguna untuk menganalisis dan memahami penggunaan jaringan, kinerja perangkat, dan lain-lain. Fitur ini dapat membantu administrator jaringan dalam mengambil keputusan yang lebih baik terkait pengaturan jaringan.

Aruba Central juga dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet, sehingga administrator jaringan dapat mengakses platform dari perangkat apa pun yang terhubung ke internet, termasuk ponsel pintar dan tablet. Fitur ini sangat berguna untuk administrator jaringan yang sering bepergian atau bekerja dari jarak jauh.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Aruba Central adalah platform manajemen awan yang lengkap dan aman untuk mengatur jaringan Wi-Fi, switch, dan perangkat jaringan lainnya. Platform ini memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur, mengelola, dan memantau perangkat jaringan dari satu tempat yang terpusat. Dengan fitur manajemen yang lengkap, integrasi dengan platform pihak ketiga, dan keamanan yang ketat, Aruba Central sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki jaringan yang luas dan kompleks.

Source : https://www.arubanetworks.com/products/network-management-operations/central/

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment