3 Cara Memasang VoIP adalah dan Pengertiannya

No comments

Apa kamu sudah tahu teknologi ? Kalau belum, maka kamu berada di halaman yang tepat, Karena pada artikel Kali ini kami akan membahas tentang VoIP adalah. VoIP merupakan singkatan dari Voice over Protocol.

teknologi yang memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan telepon melalui internet, bukan melalui saluran telepon biasa. Jadi, kalau kamu pakai VoIP, kamu bisa ngobrol dengan orang di mana saja di dunia, asal ada koneksi internet. Gak perlu khawatir pulsa habis atau tagihan telepon membengkak.

VoIP bekerja dengan cara mengubah suara kamu dari sinyal analog menjadi data digital. Data digital ini kemudian dikirimkan melalui internet seperti email atau file lainnya. Di ujung sana, data digital ini diubah lagi menjadi sinyal analog, sehingga orang yang kamu panggil bisa mendengar suara kamu.

Nah, setelah kamu mengetahui tentang VoIP adalah! Lalu, Apa kelebihan dan bagaimana cara memasang VoIP? Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

VoIP adalah
VoIP adalah

VoIP adalah: Teknologi Telepon Masa Depan yang Murah dan Praktis

Kelebihan dan Kekurangan VoIP Adalah

VoIP adalah teknologi yang memiliki banyak kelebihan, tapi juga ada beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan VoIP yang perlu kamu ketahui:

Baca juga :  Pengkabelan Jaringan: Apa Itu dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Kelebihan VoIP

  • Memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan telepon dengan biaya yang lebih murah daripada saluran telepon biasa. Apalagi kalau kamu melakukan panggilan internasional, VoIP bisa menghemat biaya kamu hingga 90%.
  • Menggunakan teknologi digital yang lebih canggih daripada teknologi analog. Dengan VoIP, kamu bisa mendapatkan kualitas suara yang lebih jernih, tanpa gangguan atau noise.
  • Memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan telepon dengan perangkat apa saja yang terhubung ke internet. Kamu juga bisa menggunakan nomor telepon yang sama di berbagai perangkat, sehingga kamu tidak perlu repot ganti-ganti nomor.
  • Menawarkan fitur yang lebih banyak dan lebih variatif daripada saluran telepon biasa. Kamu bisa melakukan panggilan video, , chat, voicemail, call forwarding, call recording, dan sebagainya dengan VoIP. Kamu juga bisa mengakses riwayat panggilan, kontak, dan pesan kamu dengan mudah.

Cara Memasang VoIP

Untuk bisa menggunakan VoIP, kamu perlu memasang beberapa perangkat dan aplikasi yang mendukung VoIP. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk memasang VoIP:

Baca juga :  Gampang Banget! 5 Cara Setting IP Webcam di Android

–          Memilih penyedia layanan VoIP.

Langkah pertama adalah memilih penyedia layanan VoIP yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu. Ada banyak penyedia layanan VoIP yang tersedia di pasaran, Kamu perlu membandingkan fitur, harga, dan kualitas layanan yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia layanan VoIP.

–          Menginstal aplikasi VoIP.

Langkah kedua adalah menginstal aplikasi VoIP yang kamu pilih di perangkat yang kamu gunakan, Kamu perlu mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh penyedia layanan VoIP. Kamu juga perlu membuat akun dan mengisi data diri kamu di aplikasi VoIP tersebut.

–          Menyiapkan perangkat VoIP.

Langkah ketiga adalah menyiapkan perangkat VoIP yang kamu butuhkan untuk melakukan panggilan, Kamu perlu memastikan perangkat VoIP kamu terhubung dengan baik dengan perangkat yang kamu gunakan. Kamu perlu mengatur pengaturan suara dan video di aplikasi VoIP agar sesuai dengan perangkat VoIP.

–          Melakukan panggilan VoIP.

Langkah terakhir adalah melakukan panggilan VoIP dengan orang yang kamu inginkan. Kamu perlu mengetikkan nomor telepon atau alamat email orang tersebut di aplikasi VoIP. Kamu bisa memilih untuk melakukan panggilan suara atau video, tergantung pada fitur yang disediakan oleh aplikasi VoIP.

Baca juga :  SLA adalah? Ada 6 Hal Penting yang Perlu Dipelajari, Ayo Baca Sekarang Juga!

Demikianlah artikel yang kami buat tentang VoIP adalah. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang berguna dan menarik bagi Kamu tentang VoIP ini. Jika Kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment