CCNA Adalah : Pengertian, Level dan Alasan Memilihnya

No comments

CCNA Adalah – Akhir-akhir ini, memperoleh sertifikat keahlian dalam suatu bidang tertentu sangatlah penting. Terlebih lagi, akan sangat berguna bagi pengembangan karir dengan tujuan untuk pembuktian bahwa kita memang ahli dan profesional.

Bagi yang ingi berkarir di bidang IT, CCNA bisa dijadikan sebagai opsi yang berpotensi dalam membangun karir dan keahlian. Dengan adanya bukti sertifikat CCNA, akan menandakan bahwa seseorang telah berkompeten dan ahli di bidangnya.

Baca Juga : 12+ Rekomendasi Paket Wifi 150 Ribu Per Bulan

Mengenal sertifikat CCNA

CCNA Adalah : Pengertian, Level dan Alasan Memilihnya

CCNA (Cisco Certification Associate) adalah program sertifikasi industri yang dkeluarkan pada tahun 1998 oleh perusahaan yang secara de-facto menjadi standar komputer dunia (Cisco System).

Sertifikasi CCNA adalah sertifikasi tingkat menengah yang mampu mengelola jaringan dalam skala enterprise. Hal ini berarti, lulusan yang telah memegang sertifikat CCNA telah dianggap mampu mengelola jaringan dalam skala enterprise.

Baca juga :  Membongkar 3 Fungsi SSL yang Sering Dianggap Tidak Penting

Namun, tak hanya sampai di situ saja, kita juga harus mengenal apa saja manfaat dan alasan mengapa harus memilih sertifikat CCNA.

Alasan Memilih Sertifikat CCNA

CCNA Adalah : Pengertian, Level dan Alasan Memilihnya

Saat ini sertifikat berperan penting karena keberadaannya bisa memberikan manfaat dalam pengembangan karir. Adapun terdapat beberapa alasan yang mendasari mengapa harus memilih sertifikat CCNA.

  1. Halaman dokumentasi Cisco dinilai sangat lengkap, mulai dari dokumentasi protocol bahkan dokumentasi perangkat sekalipun.
  2. Memiliki banyak komunitas yang dianggap dedicated. Sehingga dengan keberadaan komunitas ini akan sangat membantu dalam penyelesaian permasalahan yang ada pada produk yang kita gunakan.
  3. Tidak perlu khawatir terkait adanya Cisco Minded
  4. Cisco sebagai networking leader dasarnya dijadikan sebagai patokan bagi para vendor lain yang menyebabkan kita menjadi sering menemukan perangkat yang mirip dengan cisco kita
  5. Dapat membuka peluang kenaikan gaji
  6. Dapat meningkatkan peluang kenaikan karir
  7. Dapat menekuni bidang lain diluar IT

Jenjang/Level Sertifikat Cisco

CCNA Adalah : Pengertian, Level dan Alasan Memilihnya

Pada dasarnya, sertifikasi Cisco ini terbagi menjadi 3 level, adapun diantaranya adalah:

Baca juga :  3 Cara Reset Mikrotik Di Winbox dengan Mudah

1. Associate Level: CCNA

Cisco CCNA adalah sertifikasi keahlian jaringan komputer untuk kelas pemula dan pemiliknya akan dapat melakukan desain untuk memaintenance system LAN/WAN bahkan hingga 100 perangkat sekalipun.

Selain itu, pemilik sertifikat ini juga bisa melanjutkan jenjang sertifikat Cisco selanjutnya yang lebih tinggi.

2. Professional Level: CCNP

Berbeda dengan CCNA, CCNP adalah sertifikat yang dianggap sangat populer dan bisa kita miliki. Sertifikat ini bertujuan bahwa kita memang benar-benar memiliki keahlian mahir atau tinggat yang profesional.

Setiap pemilik sertifikat CCNP ini bisa merancang dan memaintenance hingga 100 sampai 500 perangkat, loh! Namun, untuk memperoleh sertifikat ini, tentunya kita juga harus sudah mempunyai sertifikat pemula atau CCNA. Selain itu, di level profesional ini terdapat jenjang sertifikasi lainnya, yaitu CCDP, CCVP, CCIP, bahkan CCSP.

3. Expert Level: CCIE

Cisco Certified Internetwork Expert atau sering dikenal dengan CCIE adalah jenjang sertifikasi paling tinggi atau paling atas atau paling akhir sekalipun. Adapun pemegang sertifikat ini akan dikenal sebagai pakar dalam bidang IT. Namun, untuk mendapatkan jenjang sertifikat Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) ini, kita tentunya sudah melewati sertifikasi-sertifikasi sebelumnya.

Baca juga :  Urutan Kabel RJ45 Crossover dan Straight yang Benar

Tentunya, mengenal sertifikasi Cisco dan mengetahui sertifikat CCNA adalah pengetahuan yang penting kita pelajari. Karena sebagai pemula atau pakar dalam dunia IT, akan lebih baik jika kita telah memegang sertifikasi terkait bidang atau kehalian yang kita miliki.

Baca Juga : 3 Cara Reset Mikrotik Di Winbox dengan Mudah

Dengan adanya sertifikat CCNA atau sertifikat lainnya yang jenjangnya jauh lebih tinggi, akan memudahkan kita dalam menarik perhatian pelanggan yang mempercayai bisang kita di dunia IT. Semoga bermanfaat.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment