6 Cara HP Android Jadi CCTV dengan Mudah dan Praktis

No comments
Cara HP Android Jadi CCTV
Cara HP Android Jadi CCTV

Menggunakan.id – Apakah Kamu memiliki HP Android yang sudah tidak terpakai lagi? Jika ya, jangan buru-buru membuangnya atau menjualnya dengan harga murah. Kamu bisa memanfaatkan HP Android tersebut sebagai atau kamera pengintai untuk memantau keadaan rumah, kantor, atau tempat lain yang Kamu inginkan. Lalu bagaimana ?

cara hp android jadi cctv

CCTV atau Closed Circuit Television adalah sistem pengawasan yang menggunakan kamera video untuk merekam gambar dan suara dari suatu lokasi tertentu. CCTV biasanya dipasang di tempat-tempat strategis untuk mencegah tindak kejahatan, mengawasi aktivitas pekerja, atau sekadar memonitor situasi.

Namun, memasang CCTV membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain harus membeli kamera dan peralatan pendukungnya, Kamu juga harus menghubungkannya dengan monitor, DVR (Digital Video Recorder), atau komputer. Belum lagi biaya instalasi dan perawatannya.

Nah, jika Kamu ingin memiliki CCTV dengan biaya murah dan mudah, Kamu bisa menggunakan HP Android sebagai alternatifnya. Dengan bantuan aplikasi tertentu, Kamu bisa menjadikan HP Android sebagai kamera pengintai yang bisa diakses dari jarak jauh melalui PC, laptop, tablet, atau HP Android lainnya. Berikut adalah cara HP Android jadi CCTV dengan mudah dan praktis:

Cara HP Android Jadi CCTV dengan Mudah dan Praktis

Cara HP Android Jadi CCTV dengan Mudah dan Praktis

1. Siapkan Dua Hp Android

Untuk mengubah dua buah HP Android menjadi CCTV, kamu perlu memastikan bahwa keduanya memiliki akses yang lancar, baik melalui Wi-Fi maupun paket data. Salah satu HP akan berfungsi sebagai kamera pengintai, sedangkan yang lainnya akan berfungsi sebagai alat pemantau. kamu bisa melihat apa yang terjadi di lokasi yang dipasangi kamera pengintai melalui HP pemantau.

Baca juga :  Apa itu DNS Hijacking & Spoofing?

2. Download dan Install Webcam

Download dan install aplikasi IP Webcam di kedua HP Android tersebut. Aplikasi ini bisa Kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang berguna untuk menjadikan HP Android sebagai CCTV, seperti resolusi video, mode audio, efek, pendeteksi gerakan, penyimpanan cloud, dan lain-lain.

3. Setting Pengaturan

Buka aplikasi IP Webcam di HP Android yang akan dijadikan kamera CCTV. Atur pengaturan sesuai keinginan Kamu, seperti resolusi video, mode audio, efek, pendeteksi gerakan, dan lain-lain. Geser layar ke bawah dan pilih “Start ”. Aplikasi akan menampilkan alamat IP yang bisa Kamu gunakan untuk mengakses kamera dari perangkat lain.

4. Letakkan Hp yang Ingin di Jadikan CCTV

Letakkan HP Android yang sudah menjadi kamera CCTV di tempat yang Kamu inginkan. Pastikan posisi kamera mengarah ke area yang ingin Kamu pantau. Jika perlu, gunakan tripod atau penyangga lainnya untuk menstabilkan kamera. Jangan lupa sambungkan HP Android tersebut dengan charger agar tidak kehabisan baterai.

Baca juga :  Topologi Star - Yuk Simak Cara Kerjanya yang Perlu Kamu Tahu!

5. Buka Aplikasi IP Webcam yang Mau Dijadikan Pemantau

Buka aplikasi IP Webcam di HP Android yang akan dijadikan viewer atau alat pemantau. Pilih “I’m a viewer” dan masukkan alamat IP yang ditampilkan di HP Android yang menjadi kamera CCTV. Aplikasi akan menampilkan gambar dan suara yang direkam oleh kamera secara real-time.

Baca Juga: Gampang Banget! 5 Cara Mengatasi Server Hangup dengan Cepat

6. Selesai

Selamat! Kamu sudah berhasil membuat HP Android jadi CCTV dengan mudah dan praktis. Kamu bisa memantau keadaan rumah, kantor, atau tempat lain yang Kamu inginkan dari jarak jauh melalui HP Android Kamu. Demikianlah cara HP Android jadi CCTV dengan mudah dan praktis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu yang ingin memiliki CCTV tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment