Pengertian UDP (User Datagram Protocol)

No comments
pengertian UDP
pengertian UDP

Menggunakan.id – UDP (User Datagram Protocol) adalah salah satu komunikasi dalam komputer yang termasuk dalam keluarga protokol Protocol (). adalah protokol lapisan transport yang beroperasi tanpa koneksi dan tidak menjamin transmisi data yang handal.

cara hp android jadi cctv 1

Artinya, ketika data dikirim melalui UDP, tidak ada pengaturan koneksi sebelumnya dan data dikirimkan tanpa mengecek apakah data tersebut berhasil sampai ke tujuan atau tidak. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan lebih lanjut tentang pengertian UDP, cara kerja, dan penggunaan UDP dalam berbagai aplikasi jaringan.

Cara Kerja UDP

UDP bekerja dengan cara mengemas data yang akan dikirim menjadi paket-paket yang disebut datagram. Setiap datagram memiliki header yang berisi informasi penting seperti sumber, port tujuan, panjang datagram, dan checksum.

Port sumber dan port tujuan digunakan untuk mengidentifikasi aplikasi atau layanan yang terlibat dalam komunikasi. Panjang datagram menunjukkan ukuran total datagram dalam byte. Checksum digunakan untuk memeriksa apakah ada kesalahan dalam transmisi data.

Baca juga :  Gampang Banget! Ini Penjelasan Tentang 3 Fungsi Dial Plan!

Setelah datagram dibuat, UDP akan mengirimkannya ke jaringan tanpa melakukan negosiasi atau konfirmasi dengan penerima. UDP tidak menjamin bahwa datagram akan sampai ke tujuan dengan urutan, lengkap, dan tanpa kesalahan.

Jika ada datagram yang hilang, rusak, atau terlambat, UDP tidak akan mengirimkannya ulang atau memberitahu pengirim. Hal ini disebabkan karena UDP tidak memiliki mekanisme untuk mengatur koneksi, mengontrol aliran data, atau menangani kesalahan secara otomatis.

Ketika datagram sampai di penerima, UDP akan memeriksa checksum untuk memastikan bahwa datagram tidak rusak. Jika checksum valid, UDP akan mengekstrak data dari datagram dan menyerahkannya ke aplikasi atau layanan yang sesuai dengan port tujuan.

Jika checksum tidak valid, UDP akan membuang datagram tersebut tanpa memberitahu pengirim. UDP juga tidak memeriksa apakah datagram yang diterima sesuai dengan urutan pengiriman atau apakah ada datagram yang hilang.

Pengertian UDP

pengertian UDP
pengertian UDP

UDP adalah protokol yang sederhana, ringan, dan efisien dalam mentransmisikan data. Kelebihan utama UDP terletak pada kecepatan dan overhead yang rendah. Dengan menggunakan UDP, aplikasi dapat mengirimkan data dengan cepat tanpa harus menunggu konfirmasi dari penerima atau mengalami penundaan akibat proses pengaturan koneksi. Overhead yang rendah berarti bahwa UDP tidak membutuhkan banyak sumber daya jaringan atau komputer untuk beroperasi.

Baca juga :  Pengertian IP Address

Namun, kekurangan utama UDP adalah tidak menjamin pengiriman data yang handal. Dengan menggunakan UDP, aplikasi harus siap menghadapi kemungkinan bahwa data yang dikirim bisa hilang, rusak, terlambat, atau tidak berurutan. Oleh karena itu, UDP cocok digunakan untuk aplikasi yang lebih mementingkan kecepatan daripada keandalan, seperti streaming video dan audio, permainan online, voice over IP (), dan lain-lain.

Kesimpulan

cara hp android jadi cctv

UDP (User Datagram Protocol) adalah salah satu protokol komunikasi dalam yang termasuk dalam keluarga protokol Internet Protocol (IP). UDP adalah protokol lapisan transport yang beroperasi tanpa koneksi  dan tidak menjamin transmisi data yang handal.

Baca Juga: Gampang Banget! 5 Cara Mengatasi Server Hangup dengan Cepat

UDP bekerja dengan cara mengemas data menjadi datagram dan mengirimkannya ke jaringan tanpa melakukan negosiasi atau konfirmasi dengan penerima. Kelebihan utama UDP adalah kecepatan dan overhead yang rendah. Namun, kekurangan utama UDP adalah tidak menjamin pengiriman data yang handal. Oleh karena itu, UDP cocok digunakan untuk aplikasi yang lebih mementingkan kecepatan daripada keandalan.

Baca juga :  Pengertian SIP dan Fungsinya dalam Komunikasi Data

Demikian artikel tentang pengertian UDP dan cara kerja UDP yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan membantu bagi kalian semua. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment