Gampang Banget! 5 Cara Setting IP Webcam di Android

No comments
setting IP Webcam di Android
setting IP Webcam di Android

Menggunakan.id – Apakah Kamu ingin memanfaatkan smartphone Android Kamu sebagai kamera pengintai atau ? Jika ya, maka Kamu bisa mencoba aplikasi Webcam yang bisa mengubah smartphone Kamu menjadi webcam yang bisa diakses dari laptop atau PC. Lalu bagaimana cara ?

Aplikasi ini sangat berguna untuk memantau keadaan rumah, kantor, atau tempat lainnya dari jarak jauh. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur menarik seperti merekam suara, gerakan, dan lokasi. Berikut adalah cara setting IP Webcam di Android yang mudah dan cepat.

Cara Setting IP Webcam di Android untuk Mengubah Smartphone Menjadi Kamera Pengintai

setting IP Webcam di Android

1.Download dan Install Aplikasi IP Webcam di Smartphone Android

Langkah pertama setting IP Webcam di Android yang harus Kamu lakukan adalah mendownload dan menginstall aplikasi IP Webcam di smartphone Android Kamu. Aplikasi ini bisa Kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store.

Baca juga :  SNMP : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

Setelah terinstall, buka aplikasi tersebut dan Kamu akan melihat berbagai pengaturan seperti username, password, resolusi, kualitas video, dan lainnya. Kamu bisa mengatur sesuai keinginan Kamu atau biarkan saja default. Jika sudah selesai, klik Start di bagian paling bawah.

2.Aktifkan Mobile AP pada Smartphone Android

Langkah kedua setting IP Webcam di Android yang harus Kamu lakukan adalah mengaktifkan Mobile AP pada smartphone Android Kamu. Mobile AP adalah fitur yang memungkinkan smartphone Kamu menjadi hotspot atau sumber bagi perangkat lain.

Untuk mengaktifkannya, buka Setting -> Wireless and networks -> Tethering and portable hotspot -> centang/aktifkan Mobile AP. Pastikan juga smartphone Kamu terhubung dengan , baik melalui paket data atau wifi.

3.Connect Laptop atau PC dengan Wireless Smartphone Android

Langkah ketiga setting IP Webcam di Android yang harus Kamu lakukan adalah menghubungkan laptop atau PC dengan wireless network smartphone Android Kamu. Untuk itu, buka wireless network connection pada laptop atau PC Kamu -> refresh network list -> connect dengan wireless network smartphone Android Kamu.

Baca juga :  Sepenting apa Internet Identity? Ketahui 3 Faktanya di bawah ini!

Biasanya nama wireless network tersebut adalah nama model smartphone Kamu atau nama yang telah Kamu tentukan sebelumnya.

4.Buka pada Browser Laptop atau PC

Langkah keempat setting IP Webcam di Android yang harus Kamu lakukan adalah membuka IP address pada browser laptop atau PC Kamu. IP address adalah alamat unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung dengan internet.

IP address ini akan muncul di bagian bawah layar smartphone Android Kamu setelah Kamu klik Start Server pada aplikasi IP Webcam. Contohnya seperti ini: ://192.168.43.1:8080. Salin atau ketik IP address tersebut pada browser laptop atau PC Kamu, misalnya Firefox atau Chrome.

5.Pilih Link untuk Menampilkan Video dari Smartphone Android

Langkah kelima yang harus Kamu lakukan adalah memilih link untuk menampilkan video dari smartphone Android Kamu. Setelah Kamu membuka IP address pada browser laptop atau PC Kamu, Kamu akan melihat halaman Android Webcam Server. Pada halaman ini, ada banyak link untuk informasi lainnya, seperti cara menggunakan IP Webcam bersama dengan aplikasi video chat seperti Skype.

Baca juga :  Port Channel Adalah

Baca Juga: 6 Cara HP Android Jadi CCTV dengan Mudah dan Praktis

Namun, untuk melihat video dari smartphone Android Kamu, pilih link use java browser plugin atau use browser built-in viewer (not supported by all browser). Setelah itu, video yang tertangkap oleh kamera smartphone Android Kamu akan ditampilkan pada browser laptop atau PC Kamu.

Demikianlah cara setting IP Webcam di Android yang bisa Kamu coba untuk mengubah smartphone Kamu menjadi kamera pengintai atau CCTV. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan kenyamanan Kamu dalam memantau keadaan rumah, kantor, atau tempat lainnya dari jarak jauh. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment