5 Cara Kerja Internet Gateway: Penghubung Jaringan Komputer

No comments
cara kerja internet gateway
cara kerja internet gateway

Halo, apa kabar, sahabat Menggunakan.id? Selamat datang di blog kami yang sederhana dan penuh dengan informasi bermanfaat ini. Pada artikel Kali ini kami mau berbagi informasi tentang . Tapi sebelum itu ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang, Apa itu gateway?

Internet perangkat yang menghubungkan dua atau lebih yang berbeda . Protokol adalah aturan komunikasi antara perangkat-perangkat dalam jaringan. Internet gateway berfungsi sebagai penerjemah antara jaringan-jaringan yang berbeda protokol.

Tanpa internet gateway, kita tidak bisa mengakses internet dari jaringan lokal kita, atau sebaliknya. Internet gateway juga bisa disebut sebagai router, switch, server, atau , tergantung pada fungsinya. Lalu, bagaimana fungsinya? Dan bagaimana cara kerja internet gateway? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

main qimg 698080dd7504254983167b1e56141fff jpg

Bagaimana Fungsinya?

Internet gateway memiliki beberapa fungsi penting untuk , antara lain:

  • Meningkatkan kinerja komputasi. Internet gateway bisa membagi beban komputasi antara beberapa perangkat, sehingga tidak ada satu perangkat yang terlalu sibuk atau lambat.
  • Hardware sharing. Internet gateway bisa memungkinkan perangkat-perangkat dalam jaringan untuk berbagi hardware, seperti printer, scanner, atau hard disk.
  • Memudahkan akses informasi. Internet gateway bisa memberikan akses ke informasi yang tersimpan di jaringan lain, seperti internet, , atau ekstranet.
  • Sebagai konversi protokol. Internet gateway bisa mengubah data dari satu protokol ke protokol lain, sehingga bisa dikirimkan ke jaringan tujuan.
  • Memudahkan pengaturan data. Internet gateway bisa mengatur data yang masuk dan keluar dari jaringan, seperti melakukan filter, enkripsi, dekripsi, atau kompresi.
Baca juga :  Pengertian Access Control List (ACL)

routingg jpg

Bagaimana Cara Kerja Internet Gateway?

Cara kerja internet gateway bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • Pertama, internet gateway menerima data dari jaringan sumber, misalnya jaringan lokal kita.
  • Kedua, internet gateway memeriksa alamat tujuan pada data tersebut, dan mencari jalur terbaik untuk mengirimkannya ke jaringan tujuan, misalnya internet.
  • Ketiga, internet gateway mengubah data dari protokol jaringan sumber ke protokol jaringan tujuan, misalnya dari Ethernet ke TCP/.
  • Keempat, internet gateway mengirimkan data ke jaringan tujuan melalui jalur yang dipilih, misalnya melalui ISP (internet service provider).
  • Terakhir, internet gateway juga melakukan hal yang sama untuk data yang datang dari jaringan tujuan ke jaringan sumber, dengan urutan yang terbalik.

cara kerja internet gateway

Jenis-Jenis Cara Kerja Internet Gateway

Internet gateway tidak hanya ada satu jenis saja, tetapi ada beberapa jenis yang berbeda sesuai dengan fungsinya. Berikut ini adalah beberapa jenis internet gateway yang umum digunakan, diantaranya:

  • Network gateway. Jenis ini adalah yang paling sering kita temui, yaitu perangkat yang menghubungkan jaringan lokal kita dengan internet.
  • IoT gateway. Jenis ini adalah perangkat yang menghubungkan perangkat-perangkat IoT (internet of things) dengan internet atau cloud.
  • Cloud storage gateway. Jenis ini adalah perangkat yang menghubungkan jaringan lokal kita dengan penyimpanan cloud.
  • VoIP gateway. Jenis ini adalah perangkat yang menghubungkan jaringan telepon tradisional dengan jaringan VoIP (voice over internet protocol).
  • Bidirectional gateway. Jenis ini adalah perangkat yang bisa mengirim dan menerima data dari dua arah, baik dari jaringan sumber ke jaringan tujuan, maupun sebaliknya.
  • Unidirectional gateway. Jenis ini adalah perangkat yang hanya bisa mengirim data dari satu arah, yaitu dari jaringan sumber ke jaringan tujuan.
Baca juga :  VoIP Adalah

Nah, itulah tadi cara kerja internet gateway. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang jaringan komputer. Jika kamu ada pertanyaan, silakan tulis pada kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Terima kasih dan sampai jumpa.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment