Jaringan Komputer Global: 4 Manfaat dan Beberapa Cara Kerjanya!

No comments
Jaringan komputer global
Jaringan komputer global

Menggunakan.id Jika kamu pernah mengakses , berarti kamu sudah terhubung dengan . komputer ini adalah jaringan yang menghubungkan jutaan perangkat elektronik di seluruh dunia, seperti komputer, laptop, smartphone, tablet, dan lain-lain.

global memungkinkan kamu untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan mengakses sumber daya online, seperti situs web, aplikasi, dan layanan. Lalu,  bagaimana sejarahnya? Dan bagaimana caranya? Penasaran? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Sejarah Jaringan Komputer Global

Jaringan komputer global bermula dari proyek ARPANET yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Proyek ini bertujuan untuk menghubungkan beberapa komputer di berbagai lokasi agar dapat saling bertukar data. Pada tahun 1972, ARPANET berhasil mengirimkan email pertama antara dua komputer yang berjarak ribuan kilometer.

Baca juga :  Topologi Hybrid : Pengertian, Fungsi, dan Jenis

Pada tahun 1983, ARPANET beralih ke TCP/ yang menjadi standar komunikasi di jaringan komputer global. Pada tahun 1990, ARPANET resmi dihentikan dan digantikan oleh internet yang lebih luas dan terbuka.

Cara Kerja Jaringan Komputer Global

Jaringan komputer global bekerja dengan menggunakan protokol TCP/IP yang terdiri dari dua bagian, yaitu TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). TCP bertanggung jawab untuk membagi data menjadi paket-paket kecil yang dapat dikirimkan melalui jaringan. IP bertanggung jawab untuk memberikan alamat unik kepada setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan, sehingga paket-paket data dapat mencapai tujuan yang benar.

Selain TCP/IP, jaringan komputer global juga menggunakan (Domain Name System) yang berfungsi untuk menerjemahkan alamat IP menjadi nama domain yang lebih mudah diingat. DNS juga menyimpan informasi tentang lokasi yang menyimpan data dari situs web tertentu. Dengan menggunakan DNS, kamu tidak perlu mengingat alamat IP dari setiap situs web yang ingin kamu kunjungi.

Baca juga :  Hardware Jaringan Komputer: Ada 8 Jenis dan Fungsinya?

Untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang terpisah oleh jarak yang jauh, jaringan komputer global menggunakan berbagai media transmisi, seperti kabel, gelombang radio, satelit, dan serat optik. Media transmisi ini membawa sinyal-sinyal yang mengandung informasi dari satu titik ke titik lainnya.

Media transmisi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media transmisi berbasis kabel dan media transmisi berbasis wireless. Media transmisi berbasis kabel menggunakan kabel tembaga, koaksial, atau serat optik untuk mengirimkan sinyal. Media transmisi berbasis wireless menggunakan gelombang radio, microwave, atau satelit untuk mengirimkan sinyal.

Manfaat Jaringan Komputer Global

Jaringan komputer global memiliki banyak manfaat, baik bagi individu maupun organisasi. Berikut adalah beberapa manfaat dari jaringan komputer global:

1. Memudahkan komunikasi jarak jauh.

Kamu dapat berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia melalui email, chat, video call, dan media sosial. Kamu juga dapat mengirimkan file, gambar, video, dan dokumen dengan cepat dan mudah.

2. Memperluas akses informasi.

Kamu dapat mengakses informasi tentang berbagai topik, seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, bisnis, dan lain-lain. Kamu juga dapat belajar dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, video, podcast, dan kursus online.

Baca juga :  5 Cara Kerja Internet Gateway: Penghubung Jaringan Komputer

3. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Kamu dapat melakukan berbagai pekerjaan dan aktivitas secara online, seperti berbelanja, berbank, membayar tagihan, memesan tiket, dan lain-lain. Kamu juga dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja, asalkan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.

4. Mendorong inovasi dan kreativitas.

Kamu dapat menciptakan dan membagikan karya-karya kamu, seperti musik, film, game, aplikasi, dan lain-lain. Kamu juga dapat berkolaborasi dengan orang-orang yang memiliki minat dan bakat yang sama dengan kamu.

Demikian artikel yang kami buat tentang jaringan komputer global. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang jaringan komputer. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment