2 Jenis Jenis Internet Standar yang Perlu Kamu Ketahui

No comments
jenis jenis internet standar
jenis jenis internet standar

Jenis jenis standar adalah salah satu teknologi yang paling penting dan berguna di era digital saat ini. Internet memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi, layanan, dan hiburan dari seluruh dunia dengan mudah dan cepat. Namun, apakah Kamu tahu bahwa ada berbagai jenis jenis internet standar yang berbeda-beda dalam hal kecepatan, kualitas, dan cara kerjanya?

jenis – jenis internet

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis jenis internet standar yang umum digunakan di Indonesia dan di dunia.

Jenis Jenis Internet Standar yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis jenis internet standar dengan Kabel

Jenis internet standar dengan kabel adalah jenis internet yang menggunakan kabel sebagai media transmisi data antara perangkat pengguna dan penyedia layanan internet (ISP). Jenis internet ini biasanya memiliki kecepatan dan stabilitas yang lebih baik daripada jenis internet tanpa kabel. Namun, jenis internet ini juga membutuhkan biaya instalasi dan perawatan yang lebih mahal dan rumit. Beberapa jenis internet standar dengan kabel adalah:

Baca juga :  Apa itu Free SMTP Server dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

– Dial-Up PSTN (Public Switched Telephone :

Jenis internet ini adalah jenis internet pertama yang ada di dunia. Jenis internet ini menghubungkan komputer atau laptop dengan menggunakan kabel telepon atau dial up. Kecepatan akses jenis internet ini hanya 12 hingga 20 Kbps, maksimum hanya 56 Kbps. Jenis internet ini sudah jarang digunakan saat ini karena kualitasnya yang rendah dan tidak efisien.

– LAN (Local Area Network):

Jenis jenis internet standar ini adalah jenis internet yang menghubungkan beberapa komputer atau laptop dalam satu area kecil, seperti rumah, kantor, atau sekolah. Satu komputer menjadi utama yang dihubungkan ke internet, sementara komputer lainnya terhubung dengan server melalui kabel LAN. Kecepatan akses jenis internet ini tergantung pada kecepatan server dan jumlah komputer yang terhubung. Jenis internet ini cocok digunakan untuk keperluan bersama atau berbagi data.

– TV Kabel:

Jenis internet ini adalah jenis internet yang menggunakan kabel TV sebagai media transmisi data. Kecepatan akses jenis internet ini bisa mencapai 100 Mbps atau lebih³. Jenis internet ini memiliki keunggulan dalam hal kualitas gambar dan suara yang lebih baik daripada jenis jenis internet standar lainnya. Namun, jenis internet ini juga memiliki kelemahan dalam hal biaya instalasi dan langganan yang lebih mahal.

Baca juga :  Aplikasi Jaringan Komputer

Jenis jenis internet standar Tanpa Kabel (Wireless)

Jenis internet standar tanpa kabel adalah jenis internet yang tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi data, melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik atau sinyal radio. Jenis internet ini biasanya memiliki kecepatan dan stabilitas yang lebih rendah daripada jenis internet dengan kabel.

Namun, jenis jenis internet standar ini juga memiliki kelebihan dalam hal kemudahan instalasi dan mobilitas pengguna. Beberapa jenis internet standar tanpa kabel adalah:

– GPRS (General Packet Radio Service):

jenis jenis internet standar ini adalah jenis internet yang menggunakan seluler sebagai media transmisi data. Kecepatan akses jenis jenis internet standar ini hanya sekitar 40 hingga 60 Kbps. Jenis internet ini sudah jarang digunakan saat ini karena kualitasnya yang sangat buruk dan lambat.

(Wireless Fidelity):

Jenis internet ini adalah jenis internet yang menggunakan jaringan nirkabel sebagai media transmisi data. Kecepatan akses jenis jenis internet standar ini bisa mencapai 600 Mbps atau lebih, tergantung pada standar WiFi yang digunakan.

Baca juga :  Server VoIP: Meningkatkan Efisiensi Komunikasi Bisnis

Jenis internet ini sangat populer digunakan di Indonesia karena hampir semua perangkat elektronik modern sudah mendukung WiFi, seperti smartphone, laptop, tablet, dan smart TV. Jenis internet ini juga banyak tersedia di tempat-tempat umum, seperti kafe, hotel, bandara, dan mall.

Itulah beberapa jenis jenis internet standar yang perlu Kamu ketahui. Setiap jenis internet memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa memilih jenis internet yang sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan preferensi Kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Terima kasih telah membaca.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment