Pengertian Roaming

No comments
roaming adalah

Pengertian Roaming

Roaming adalah istilah yang digunakan dalam dunia telekomunikasi untuk menggambarkan kemampuan sebuah perangkat untuk tetap terhubung ke komunikasi ketika perangkat tersebut berada di luar jangkauan jaringan asli. Dalam konteks ini, perangkat tersebut akan menggunakan jaringan operator lain untuk tetap terhubung dan berkomunikasi.

Maksud dari Roaming

Maksud dari roaming adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengguna untuk tetap terhubung dengan jaringan komunikasi di mana pun mereka berada, baik dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan adanya roaming, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan koneksi saat mereka bepergian ke luar kota atau ke luar negeri.

Fungsi Roaming

Fungsi dari roaming adalah untuk memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung ke atau melakukan panggilan dan pesan teks dari perangkat mereka di luar jangkauan jaringan asli. Jika pengguna tidak memiliki akses ke jaringan operator lain melalui roaming, mereka tidak akan dapat menggunakan perangkat mereka untuk berkomunikasi.

roaming adalah

Contoh Roaming

Contoh penerapan dari roaming adalah ketika seorang pelancong berada di luar negeri dan ingin menggunakan ponselnya untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan teks. Dalam situasi seperti itu, perangkat akan menggunakan jaringan operator lokal yang telah menjalin kerja sama dengan operator asli pengguna untuk mengizinkan akses roaming.

Baca juga :  IP Address : Penjelasan DHCP

Studi kasus penerapan roaming dapat ditemukan di industri telekomunikasi di mana operator seluler menyediakan layanan roaming bagi pelanggan mereka. Misalnya, pelanggan operator A yang bepergian ke luar negeri dapat menggunakan jaringan operator B yang telah memiliki kerja sama dengan operator A untuk mengaktifkan layanan roaming. Dalam hal ini, operator A dan B akan berbagi biaya penggunaan jaringan dan memberikan akses roaming untuk pelanggan masing-masing.

Kegunaan Roaming

Roaming dapat digunakan untuk beberapa hal, di antaranya adalah:

  1. Panggilan suara dan pesan teks: Roaming memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara dan mengirim pesan teks dari perangkat mereka ketika mereka berada di luar jangkauan jaringan asli.
  2. Akses internet: Dengan roaming, pengguna dapat terus terhubung ke internet dari perangkat mereka ketika mereka berada di luar jangkauan jaringan asli. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses email, media sosial, atau situs web lainnya tanpa harus khawatir kehilangan koneksi.
  3. Akses aplikasi: Roaming juga memungkinkan pengguna untuk terus mengakses aplikasi yang memerlukan koneksi internet ketika mereka berada di luar jangkauan jaringan asli. Misalnya, pengguna dapat menggunakan aplikasi perbankan mereka untuk membayar tagihan atau memeriksa saldo rekening mereka.
  4. Navigasi GPS: Roaming juga memungkinkan pengguna untuk terus menggunakan aplikasi navigasi GPS ketika mereka berada di luar jangkauan jaringan asli. Hal ini sangat berguna ketika pengguna sedang melakukan perjalanan di luar kota atau luar negeri.
  5. Panggilan video: Roaming juga memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dari perangkat mereka ketika mereka berada di luar jangkauan jaringan asli. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dari jarak jauh.
  6. Koneksi data: Roaming juga memungkinkan pengguna untuk terus mengirim dan menerima data dari perangkat mereka ketika mereka berada di luar jangkauan jaringan asli. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh atau mengunggah file ke cloud atau lainnya ketika mereka sedang bepergian.
Baca juga :  Pengertian SIP dan Fungsinya dalam Komunikasi Data

Harga Roaming di Indonesia

Harga roaming di Indonesia dan luar negeri sangat bervariasi dan tergantung pada operator seluler yang digunakan dan negara tujuan. Berikut adalah beberapa fakta tentang harga roaming di Indonesia dan luar negeri:

  1. Harga roaming di dalam negeri: Di Indonesia, harga roaming tergantung pada operator seluler yang digunakan. Harga roaming bisa berupa biaya tetap per hari atau biaya berdasarkan pemakaian. Biaya roaming dalam negeri umumnya lebih murah daripada harga roaming di luar negeri.
  2. Harga roaming di luar negeri: Harga roaming di luar negeri sangat bervariasi dan tergantung pada operator seluler yang digunakan dan negara tujuan. Biaya roaming di luar negeri bisa sangat mahal, terutama jika pengguna melakukan panggilan internasional atau menggunakan data internet dengan intensif. Beberapa operator seluler di luar negeri menawarkan paket roaming yang lebih terjangkau untuk pengguna yang sering bepergian ke luar negeri.
  3. Peraturan tentang harga roaming: Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peraturan yang membatasi biaya roaming dalam negeri dan luar negeri untuk melindungi konsumen dari biaya yang tidak wajar. Sebagai contoh, pada tahun 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia mengeluarkan aturan baru yang membatasi biaya roaming dalam negeri maksimum Rp. 1.000 per hari.
  4. Alternatif untuk harga roaming: Alternatif untuk harga roaming yang mahal adalah menggunakan kartu SIM lokal di negara tujuan atau menggunakan layanan Wi-Fi gratis di tempat-tempat umum seperti bandara, kafe, dan hotel. Beberapa operator seluler juga menawarkan paket data internasional yang lebih terjangkau bagi pengguna yang sering bepergian ke luar negeri.
  5. Peringatan tentang biaya roaming: Penting bagi pengguna untuk memperhatikan biaya roaming dan memahami peraturan operator seluler yang digunakan. Beberapa operator seluler menawarkan pilihan untuk mematikan layanan roaming agar pengguna tidak dikenakan biaya roaming yang tidak terduga. Sebaiknya pengguna memeriksa biaya roaming sebelum melakukan perjalanan dan mematikan layanan roaming jika memungkinkan untuk menghindari biaya yang tidak terduga.
Baca juga :  DHCP Relay Adalah

Kesimpulan

Secara umum, roaming memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dengan dunia digital di mana pun mereka berada dan memungkinkan akses ke semua layanan yang tersedia pada jaringan asli mereka. Namun, pengguna perlu memperhatikan biaya yang terkait dengan penggunaan roaming untuk menghindari biaya yang tidak terduga.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment