Sticky Client atau Wireless Roaming adalah

No comments
wireless roaming

 atau

Banyak orang yang menggunakan teknologi wireless roaming untuk membantu melakukan kegiatannya. Karena teknologi tersebut mampu membuat koneksi pada perangkat tetap menjadi stabil. Namun, terkadang juga bisa menyebabkan terjadinya sticky client  atau Wireless roaming.

wireless roaming

Pengertian Wireless Roaming

Beberapa orang yang mempunyai mobilitas tinggi banyak yang menggunakan perangkat wireless roaming ini. Karena wireless roaming ini merupakan proses perpindahan koneksi dari perangkat keras. Perangkat ini bisa berupa laptop, tablet atau bahkan juga handphone ketika berpindah dari satu AP (Access Point) ke AP yang lainnya.

Pada saat Anda melakukan proses perpindahan tersebut, tentunya Anda tidak perlu khawatir jika kehilangan sinyal. Karena hal tersebut tidak akan terjadi, wireless roaming bisa menjamin koneksi yang ada pada perangkat Anda tetap stabil. Hal ini juga merupakan salah satu tujuan dari adanya teknologi ini yaitu mencari sinyal yang tentunya lebih kuat.

Cara Kerja Wireless Roaming

Sebelum membahas mengenai sticky client  atau Wireless roaming. Anda bisa mengetahui cara kerja yang dilakukan oleh wireless roaming terlebih dahulu. Cara kerjanya bisa Anda lihat dari contoh yang ada, salah satunya pada gedung perkantoran biasanya bisa Anda temui beberapa AP.

Baca juga :  Pengertian Roaming

Adanya AP ini bisa menjamin sinyal yang ada di perangkat Anda menjadi tetap stabil, meskipun Anda melakukan perpindahan lokasi. Jika Anda ada di ruangan kantor, kemudian perangkat Anda (HP) otomatis akan tersambung dengan AP yang ada di ruangan tersebut.

Kemudian jika Anda terpaksa harus berpindah lokasi ke area yang ada di kantin, maka otomatis HP Anda akan berganti koneksinya. Hal ini dikarenakan AP kantor tentunya hanya bisa mencakup area kantor saja tidak sampai area kantin. Dengan begitu, ketika Anda keluar dari area tersebut tentunya sinyal menjadi lemah bahkan hilang.

Dengan menggunakan wireless roaming, maka dengan otomatis HP Anda akan mencari sinyal yang kuat. Jika Anda ke kantin, maka teknologi ini bisa membandingkan sinyal mana yang lebih kuat antara kantor dengan kantin. Tentunya lebih kuat AP kantin, karena Anda sedang berada di area kantin.

Dengan begitu Anda tidak perlu merasa khawatir jika HP atau perangkat Anda tidak mendapatkan sinyal. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan bahwa di sebuah gedung sering dijumpai beberapa AP. Karena wireless roaming bisa menjamin sinyal wireless dapat menjangkau area yang luas dengan memberikan sinyal yang kuat.

Baca juga :  Networking : Pengertian HTTP

Namun, untuk menempatkan sebuah AP atau Access Point ini membutuhkan perhitungan yang cermat. Hal ini dikarenakan jika penempatan AP berlebihan bisa membuat sinyal mengalami adanya overlap dan juga bentrokan. Akan tetapi, jika AP tersebut kurang juga bisa menjadikan beberapa spot atau ruangan sinyalnya tidak bisa dijangkau. Maka dari itu harus ada perhitungan yang pas.

Permasalahan

Jika dilihat dari teorinya memang dengan adanya teknologi ini bisa digunakan dengan mudah. Namun, pada kenyataannya tidak semudah seperti di teori. Apabila di teori disebutkan jika Anda berpindah lokasi maka dengan otomatis perangkat atau HP Anda akan berganti koneksi. Dengan cara memilih koneksi yang mempunyai sinyal lebih kuat.

Ternyata pada kenyataannya tidak semudah itu. Misalnya Anda berpindah tempat dari area AP kantor ke AP kantin yang terjadi justru koneksi yang ada menjadi jelek. Hal ini bisa terjadi karena HP Anda masih tersambung dengan AP kantor meskipun Anda sudah berada di AP kantin.

Kejadian seperti yang disebutkan di atas biasanya dinamakan dengan sticky client  atau Wireless roaming. Hal ini biasa terjadi pada area kantor yang luas dengan banyaknya AP dan juga pengguna. Dengan begitu memasang banyak AP juga tidak bisa menjamin koneksi jaringan menjadi stabil. Karena perangkat Anda kesulitan untuk mendeteksi perangkat AP yang ada.

Baca juga :  Pengertian Quality of Service (QoS)

Solusi Mengatasi Sticky Client  atau Wireless roaming

Berdasarkan permasalah yang ada, maka ada beberapa solusi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya yaitu:

Melakukan Cek Sinyal

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek sinyal jaringan yang ada di HP atau perangkat. Karena hal ini juga berhubungan pada penempatan AP yang ada pada suatu gedung tersebut. Jika Anda mempunyai jangkauan yang luas, maka disarankan untuk menggunakan AP yang juga mempunyai jangkauan luas.

Reconnect Perangkat

Solusi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan reconnect perangkat. Hal ini memang sering dilakukan pengguna karena caranya sangat mudah, yaitu dengan melakukan disconnect dan reconnect. Dengan begitu bisa menghubungkan kembali perangkat Anda (HP) dengan AP yang letaknya dekat dengan Anda.

Pada suatu jaringan memang sangat memudahkan jika menggunakan teknologi wireless roaming. Namun, memang bisa menyebabkan terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan contohnya sticky client  atau Wireless roaming.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut bisa menggunakan beberapa solusi yang ada di atas. Anda juga bisa menggunakan metode lainnya agar wireless roaming bisa berjalan lancar. Dengan begitu koneksi yang ada di perangkat Anda akan tetap bagus dan tidak terganggu.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment