Ulasan Lengkap, Fungsi SIP dan Cara Kerja

No comments
fungsi SIP
fungsi SIP

Tidak banyak yang tahu, bahwa dalam teknologi komunikasi memiliki banyak istilah, termasuk . Apa itu SIP dan seperti apa fungsi SIP? Session Initiation Protocol (SIP) adalah yang digunakan untuk memulai, mempertahankan, mengubah, dan mengakhiri sesi komunikasi real-time antara perangkat yang terhubung dengan .

Protokol internet adalah kumpulan aturan yang mengatur bagaimana perangkat berkomunikasi dengan perangkat lain. Selain itu, memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan suara, pesan, video, atau aplikasi lain yang membutuhkan data real-time.

Ulasan Lengkap, Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsi SIP

SIP adalah protokol yang berbasis teks, yang artinya ia menggunakan format teks untuk mengirim dan menerima pesan. SIP juga mengadopsi beberapa elemen dari protokol (Hypertext Transfer Protocol) dan (Simple Mail Transfer Protocol), yang merupakan protokol yang umum digunakan untuk mengakses halaman web dan mengirim email.

Baca juga :  Paket Internet 5G Unlimited di Indonesia

Dan SIP pertama kali dikembangkan oleh kelompok kerja SIPCORE dari Internet Engineering Task Force pada tahun 1996, dan kemudian menjadi standar internasional pada tahun 1999.

fungsi SIP
fungsi SIP

Bagaimana Cara Kerja SIP?

SIP bekerja dengan cara yang mirip dengan protokol HTTP, yaitu dengan menggunakan metode client atau permintaan dan tanggapan. Client adalah perangkat yang mengirim permintaan, sedangkan server adalah perangkat yang menerima dan memproses permintaan tersebut.

Permintaan yang dikirim oleh client berisi informasi tentang nama, alamat, dan nomor pengguna yang ingin dihubungi. Untuk memulai sesi komunikasi, pengguna yang menghubungi (pemanggil) mengirim permintaan (invite) ke alamat pengguna yang dihubungi (penerima).

Alamat pengguna disebut sebagai SIP address, yang memiliki format seperti alamat email. Contoh SIP address adalah `sip:alice@example.com`. Permintaan SIP dapat berisi beberapa jenis informasi, seperti:

  • Invite: Untuk memulai dialog atau percakapan yang akan mengawali sesi komunikasi
  • Ack: Untuk mengkonfirmasi bahwa pengguna lain telah merespon permintaan
  • Update: Untuk mengubah sesi komunikasi tanpa mengubah status dialog
  • Cancel: Untuk membatalkan permintaan yang sedang menunggu tanggapan
  • Bye: Untuk mengakhiri dialog dan sesi komunikasi
Baca juga :  Membongkar 3 Fungsi SSL yang Sering Dianggap Tidak Penting

SIP juga bekerja sama dengan beberapa protokol internet lain untuk memungkinkan sesi komunikasi multimedia. Salah satu protokol yang penting adalah SDP (session description protocol), yang berfungsi untuk menentukan detail dari sesi multimedia yang dibuat oleh SIP, seperti format data, kodek, alamat , , dan lain-lain.

Protokol lain yang berperan dalam proses transfer data dalam sesi multimedia adalah RTP (real-time transport protocol), yang dapat menangani data suara, video, atau jenis data real-time lainnya.

Apa Fungsi Utama SIP?

Fungsi utama SIP dalam komunikasi real-time adalah sebagai berikut:

1. Menentukan lokasi pengguna

SIP dapat mencari alamat IP dari perangkat pengguna berdasarkan SIP address mereka.

2. Ketersediaan pengguna

Kemudian, SIP dapat mengetahui apakah pengguna sedang aktif atau tidak, dan apakah mereka dapat menerima panggilan atau tidak.

3. Kemampuan pengguna

Lalu, SIP dapat mengetahui jenis komunikasi yang didukung oleh perangkat pengguna, seperti suara, video, atau aplikasi lain.

4. Pengaturan sesi

SIP juga dapat membuat dan mengatur parameter dari sesi komunikasi, seperti durasi, jenis data, kodek, dan lain-lain.

Baca juga :  IP Loopback : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contoh konfigurasi pada Cisco

5. Manajemen sesi

Terakhir, SIP dapat mengubah atau mengakhiri sesi komunikasi sesuai dengan keinginan pengguna.

Dan itulah penjelasan tentang pengertian, cara kerja, beserta fungsi SIP. Ada yang belum dipahami? Bisa saling sharing dikolom komentar, yuk!

 

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment