Apa Itu VoIP Gateway dan Bagaimana Cara Kerjanya berserta ke 3 Jenisnya?

No comments
VoIP Gateway
VoIP Gateway

menggunakan.id adalah perangkat keras atau lunak yang digunakan untuk menghubungkan telepon konvensional dengan jaringan telepon berbasis ( Protocol). Dengan kata lain, gateway merupakan alat yang bisa mengubah suara menjadi data digital, dan sebaliknya. alat ini memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan telepon melalui internet, tanpa harus menggunakan jaringan telepon biasa.

Lalu, bagaimana cara kerja Voip gateway? Apa manfaatnya? Dan apa saja Jenisnya? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Kerja VoIP Gateway

alat ini bekerja dengan cara mengkonversi sinyal suara analog menjadi paket data digital, dan mengirimkannya melalui jaringan internet. Paket data digital ini kemudian diterima oleh voip gateway lain di ujung sambungan, dan dikonversi kembali menjadi sinyal suara analog. Dengan demikian, kamu bisa berkomunikasi dengan orang yang menggunakan telepon biasa, atau telepon IP, atau bahkan smartphone.

Baca juga :  VRRP Adalah : Pengertian, Tujuan dan Contoh Konfigurasi

alat ini biasanya memiliki antarmuka untuk kedua jenis jaringan telepon, yaitu PSTN (Public Switched Telephone ) atau POTS (Plain Old Telephone Service) untuk jaringan telepon konvensional, dan IP untuk jaringan telepon berbasis internet.

Manfaat VoIP Gateway

alat ini memiliki beberapa manfaat bagi kamu, di antaranya adalah:

  • Menghemat biaya panggilan telepon, terutama untuk panggilan internasional atau jarak jauh, karena menggunakan tarif internet yang lebih murah daripada tarif telepon biasa.
  • Meningkatkan kualitas suara, karena menggunakan teknologi digital yang lebih canggih dan stabil daripada teknologi analog yang rentan terhadap gangguan atau interferensi.
  • Menyediakan fitur-fitur tambahan, seperti panggilan konferensi, panggilan video, pesan suara, identifikasi penelepon, dan lain-lain, yang mungkin tidak tersedia atau mahal di jaringan telepon konvensional.
  • Memanfaatkan jaringan internet yang sudah ada, tanpa harus membangun atau menyewa jaringan telepon baru, yang mungkin memerlukan biaya instalasi atau perawatan yang tinggi.

Jenis-Jenis VoIP Gateway

Setelah mengetahui apa itu voip gateway dan bagaimana cara kerjanya, mungkin Kamu tertarik untuk menggunakan alat ini untuk kebutuhan komunikasi Kamu. Namun, sebelum Kamu membeli alat ini , ada baiknya Kamu mengetahui jenis-jenis yang tersedia di pasaran, dan cara memilih alat ini sesuai dengan kebutuhan Kamu. Berikut ini adalah beberapa jenis voip gateway yang umum digunakan:

Baca juga :  Agar Tidak Salah! Kenali Pembagian IP Address Ini!

1.      VoIP Gateway Analog

Voip versi gateway analog adalah Alat yang memiliki antarmuka FXS dan/atau FXO untuk menghubungkan telepon analog atau analog dengan jaringan IP. alat ini biasanya memiliki jumlah yang terbatas, mulai dari 1 sampai 32 port. alat ini cocok untuk Kamu yang ingin mengintegrasikan telepon atau PABX analog yang sudah ada dengan sistem telepon voip, tanpa harus mengganti perangkat telepon Kamu.

2.      VoIP Gateway Digital

Voip versi gateway digital adalah alat yang memiliki antarmuka E1/T1/PRI atau BRI untuk menghubungkan PABX digital atau ISDN dengan jaringan IP. alat ini biasanya memiliki jumlah port yang lebih banyak, mulai dari 1 sampai 16 port. alat ini cocok untuk Kamu yang memiliki PABX digital atau ISDN yang mendukung banyak saluran telepon, dan ingin menghemat biaya panggilan dengan menggunakan jaringan IP.

3.      VoIP Gateway GSM

Voip versi gateway GSM adalah voip gateway yang memiliki antarmuka SIM card untuk menghubungkan jaringan IP dengan jaringan seluler GSM. alat ini biasanya memiliki jumlah port yang bervariasi, mulai dari 1 sampai 32 port. alat ini cocok untuk Kamu yang ingin melakukan panggilan ke nomor seluler dengan tarif lebih murah, atau menerima panggilan dari nomor seluler dengan nomor lokal.

Baca juga :  6 Rekomendasi Aplikasi Monitoring Jaringan

Demikian artikel yang kami buat tentang voip gateway dan cara kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang alat ini . Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu yang mungkin tertarik dengan alat ini. Terima kasih dan sampai jumpa.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment