SD-WAN : Pengertian dan Konsepnya

No comments
SD WAN

Mengenal Lebih Jauh Tentang , Apa Saja Keunggulannya?

 

Inovasi novasi memang selalu akan hadir dalam perkembangan dunia teknologi. Begitu pula yang terjadi pada teknologi komputer yang di masa kini berkembang pesat. Salah satu inovasi tersebut adalah SD-Wan. Seperti apakah konsep SD-Wan dan bagaimana implementasinya?

SD WAN

Berikut penjelasan mengenai SD-Wan besera penjelasan dari segi kelebihan dan kekurangan teknologi ini.

Pengertian SD-WAN

Anda yang bergelut di bidang IT tentu sangat bergantung pada ataupun perangkat lunak dalam melakukan aktivitas sehari-hari. SD-Wan sendiri merupakan kepanjangan dari software defined wide area .

SD-Wan bisa diartikan sebagai sebuah aplikasi dari software defined networking atau . Sementara WAN di sini merujuk pada Wide Area Network, oleh karena itu disebut SD-Wan. Namun SD-Wan ini tentunya tak serupa dengan WAN tradisional yang mungkin sudah Anda kenal. SD-Wan lebih mengacu pada kecepatan, , serta kemudahaan dalam pengaplikasiannya.

Baca juga :  IP Address : Penjelasan DHCP

Teknologi semacam SD-Wan adalah sebuah bentuk inovasi untuk bisnis Anda, khususnya bagi model bisnis dengan kebutuhan infrastruktur jaringan besar mulai dari pusat hingga di kantor cabang. Hal ini dikarenakan keunggulan yang dimiliki oleh SD-Wan.

Konsep Kerja SD-WAN

Cara kerja SD-Wan yaitu dengan perangkat lunak yang dikonfigurasi oleh perusahaan penggunanya dan terhubung ke cloud. Maksudnya yaitu dengan menghubungkan ke jaringan-jaringan perusahaan tersebut lalu dikelompokkan oleh SD-Wan ke dalam berbagai sub-bagian.

Anda mungkin sudah tahu jika cara kerja WAN tradisional yang kita kenal adalah dengan layer 2 dan 3 . Sementara konsep kerja teknologi ini lebih canggih, yaitu menggunakan kontrol terpusat yang akan mengarahkan lalu lintas WAN ke penyedia SaaS dan IaaS.

Guna menghindari tabrakan antar , SD-Wan akan menggunakan teknik fallover dengan menerapkan beberapa jalur untuk mencapai network tujuan. Dengan cara ini, SD-Wan hanya membutuhkan waktu sekitar satu detik saja untuk mengakses konten, waktu yang sangat  cepat.

SD-Wan dari Sisi Keunggulan dan Kelemahan

Salah satu kelebihan yang mungkin akan Anda sukai dari SD-Wan adalah biaya konektivitasnya yang cenderung rendah. Menggunakan SD-Wan, kantor cabang Anda bisa beralih ke broadband semisal kabel sehingga bisa menekan beban biaya operasional selama ini.

Baca juga :  Yuk Pelajari Tentang DDoS Attack IP

SD-Wan juga mampu memberikan performa yang lebih baik untuk aplikasi cloud karena mampu mengurangi penundaan karena bisa menghubungkan situs secara langsung ke .

SD-Wan juga terbilang unggul dalam segi fleksibilitas karena memiliki kumpulan bandwitch yang terpadu dari berbagai penyedia layanan dibanding WAN tradisional yang masih harus bergantung pada data centre.

Namun tentu saja tetap ada kekurangan  SD-Wan yang perlu Anda ketahui. Salah satunya karena teknologi tersebut yang saat ini belum umum digunakan. Oleh karena itu, Anda tentu harus menyiapkan pula SDM di bidang IT yang memahami SD-Wan untuk mengelolanya, terlebih jika sewaktu-waktu terjadi masalah yang harus diperbaiki.

Selain itu, SD-Wan juga tidak memiliki fungsi keamanan di tempat sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi ancaman dari luar.

Implementasi Teknologi SD-WAN

Melihat kebelihannya, teknologi ini cocok diimplementasikan untuk  Anda yang memiliki kantor-kantor atau perusahaan dengan kantor pusat dan banyak kantor cabang guna menekan biaya dan tetap memaksimalkan jaringan antar kantor pusat dengan berbagai cabang kantor lainnya.

Baca juga :  Cara Konfigurasi DNS Server dengan Mudah dan Cepat

Memang, SD-Wan tetap ada kelebihan atau kekurangannya. Meski masih ada kekurangan, namun berbagai kelebihannya tentu bisa Anda pertimbangkan.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment