Apa Arti Pishing ? Ini Penjelasan Lengkapnya

No comments
Arti pishing
Arti pishing

Halo, apa kabar, sahabat menggunakan.id? Selamat datang di blog kami yang sederhana namun penuh dengan informasi bermanfaat dan informatif ini. Pada artikel Kali ini kami mau berbagi informasi tentang sesuatu yang mungkin masih banyak yang belum tahu. Namanya pishing. Tapi, sebelum itu ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang itu sendiri?

Pishing adalah penipuan online yang dilakukan dengan cara mengelabui korban untuk memberikan informasi pribadi atau rahasia, seperti username, password, nomor kartu kredit, dan lain-lain. Pishing biasanya dilakukan dengan cara mengirimkan email, SMS, telepon, atau website palsu yang mirip dengan yang asli.

Phising

Nah, setelah kamu mengetahui tentang arti pishing itu sendiri. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja Jenis-jenisnya? kalau kamu penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Cara Kerja Pishing

arti pishing itu sebenarnya mirip dengan memancing. Cuma bedanya, yang dipancing bukan ikan, tapi data korban. Pelaku pishing akan membuat umpan yang menarik dan meyakinkan, misalnya dengan mengatasnamakan bank, lembaga pemerintah, atau perusahaan terkenal.

Baca juga :  Pengertian UDP (User Datagram Protocol)

Umpan itu bisa berupa email, SMS, telepon, atau website yang mengajak korban untuk melakukan sesuatu, seperti mengisi formulir, mengklik link, mengunduh file, atau menghubungi nomor tertentu. Tujuannya adalah untuk mengarahkan korban ke website palsu yang akan mencuri data korban. Atau, bisa juga langsung mengambil data korban dari email, SMS, atau telepon yang dikirimkan.

Arti pishing

Jenis-Jenis Pishing

arti pishing itu ada banyak jenisnya, tergantung dari cara dan target yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis pishing yang paling sering ditemui:

1.     Email pishing.

Arti pishing Email adalah pishing yang dilakukan dengan mengirimkan email palsu yang mengatasnamakan pihak yang terpercaya, seperti bank, PayPal, Google, atau . Email itu biasanya berisi pesan yang menarik atau mengancam, seperti hadiah, diskon, peringatan, atau konfirmasi.

2.     Spear pishing.

Arti pishing Spear adalah pishing yang dilakukan dengan cara menargetkan korban tertentu. Tujuannya adalah untuk membuat korban merasa lebih percaya dan akrab dengan pelaku pishing. Spear pishing biasanya ditujukan kepada orang-orang yang memiliki akses atau kewenangan penting, seperti pejabat, eksekutif, atau selebriti.

Baca juga :  Pengertian Protocol Data Unit (PDU)

Phishing 1 jpg

3.     Whaling.

Arti pishing Whaling adalah pishing yang dilakukan dengan cara menargetkan korban yang berada di posisi tinggi atau penting dalam suatu organisasi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi atau keuntungan yang besar dari korban. Whaling biasanya menggunakan email palsu yang mengatasnamakan pihak yang berhubungan dengan korban, seperti klien, mitra, atau vendor.

4.     Vishing.

Arti pishing Vishing adalah pishing yang dilakukan dengan cara menelepon korban dengan menggunakan nomor telepon palsu yang mirip dengan nomor asli. Tujuannya adalah untuk membujuk korban untuk memberikan informasi pribadi atau rahasia. Vishing biasanya menggunakan suara rekaman atau sintetis yang terdengar profesional dan meyakinkan.

5.     Smishing.

Arti pishing Smishing adalah pishing yang dilakukan dengan cara mengirimkan SMS palsu yang mengatasnamakan pihak yang terpercaya, seperti bank, lembaga pemerintah, atau perusahaan terkenal. SMS itu biasanya berisi pesan yang menarik atau mengancam, seperti hadiah, diskon, peringatan, atau konfirmasi.

6.     Pharming.

Arti pishing Pharming adalah pishing yang dilakukan dengan cara mengubah alamat atau dari website asli menjadi website palsu. Tujuannya adalah untuk membuat korban mengunjungi website palsu tanpa menyadari bahwa website itu bukan website asli. Pharming biasanya menggunakan teknik hacking atau malware untuk mengubah pengaturan komputer atau router korban.

Baca juga :  Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?

Demikian artikel yang kami buat tentang arti pishing. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat kamu lebih cerdas dan aman di dunia maya. Jangan lupa untuk like and share artikel ini ke teman-teman kamu yang juga ingin mengetahui tentang pishing. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment