Apa Itu Router? Yuk Simak 5 Fungsi Router pada Jaringan Komputer Sebagai Berikut

No comments
Fungsi router pada jaringan komputer
Fungsi router pada jaringan komputer

Menggunakan.id Apakah kamu pernah mendengar istilah router yang sering digunakan pada sebuah ? Jika iya, maka artikel ini tepat untuk kamu, karena pada ulasan Kali ini, kami mau berbagi informasi tentang Fungsi router pada .

Nah, Penasaran Apa sih router itu? Apa saja ? Dan Apa bedanya dengan modem? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Apa itu Router?

Fungsi router pada jaringan komputerRouter adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda, misalnya jaringan lokal (LAN) dengan . Router juga bertugas untuk mengirimkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui jalur yang paling efisien. Router dapat membaca alamat dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan dan mengarahkan paket data ke tujuan yang sesuai.

Baca juga :  4 Dasar-Dasar Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Ketahui

Router biasanya berbentuk kotak kecil dengan beberapa ethernet dan antena. Router juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti , manajemen bandwidth, dan koneksi untuk meningkatkan keamanan dan kinerja jaringan.

Apa Fungsi Router?

Fungsi Router pada Jaringan Komputer adalah memiliki beberapa fungsi yang penting dalam jaringan komputer,  diantaranya:

  1. Menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL (digital subscriber line), yaitu salah satu jenis koneksi internet yang menggunakan kabel telepon. Router juga berfungsi sebagai firewall untuk melindungi jaringan dari serangan cyber.
  2. Mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya dengan cara mengubah format data sesuai dengan protokol jaringan yang digunakan.
  3. Membaca alamat IP dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan dan menentukan tujuan pengiriman paket data. Router juga dapat mengubah alamat IP publik menjadi alamat IP privat dan sebaliknya dengan menggunakan teknik (network address translation).
  4. Menyaring paket data yang masuk dan keluar dari jaringan dengan menggunakan aturan-aturan tertentu. Router juga dapat memblokir atau mengizinkan akses ke situs-situs tertentu dengan menggunakan fitur firewall.
  5. Menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan publik, seperti internet, atau dengan jaringan lokal lainnya. Router juga dapat membuat jaringan nirkabel (wireless) dengan menggunakan fitur .
Baca juga :  Apa itu MQTT Protocol? Cara Kerja, dan Kelebihannya

Apa Bedanya Router dengan Modem?

Fungsi Router pada Jaringan KomputerRouter dan modem adalah dua perangkat jaringan yang berbeda, meskipun kadang-kadang digabung menjadi satu perangkat. Berikut adalah perbedaan antara router dan modem, yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

–          Fungsi.

Router berfungsi untuk menghubungkan dan mengelola lalu lintas data antara dua atau lebih jaringan yang berbeda. Modem berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, atau sebaliknya, agar dapat ditransmisikan melalui media transmisi, seperti kabel telepon atau kabel koaksial.

–          Cara kerja.

Router bekerja dengan cara membaca alamat IP dari setiap paket data yang melewatinya dan mengirimkannya ke jaringan tujuan. Modem bekerja dengan cara mengubah sinyal listrik menjadi sinyal gelombang, atau sebaliknya, agar dapat ditransmisikan melalui media transmisi.

–          Konfigurasi.

Router memerlukan konfigurasi yang lebih rumit daripada modem, karena harus menyesuaikan dengan protokol dan standar jaringan yang digunakan. Modem hanya memerlukan konfigurasi yang sederhana, seperti memasukkan username dan password dari ISP (internet service provider).

–          Koneksi.

Fungsi router pada jaringan komputer adalah dapat terhubung dengan beberapa perangkat secara bersamaan, baik melalui kabel ethernet maupun wifi. Modem hanya dapat terhubung dengan satu atau beberapa perangkat melalui kabel ethernet atau USB.

Baca juga :  Pengertian SIP dan Fungsinya dalam Komunikasi Data

–          Ketersediaan.

Fungsi router pada jaringan komputer juga dapat digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet, seperti DSL, kabel, fiber optik, atau satelit. Modem harus disesuaikan dengan jenis koneksi internet yang digunakan, seperti DSL modem, kabel modem, atau fiber modem.

Demikian artikel yang kami buat tentang fungsi router pada jaringan komputer. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Kamu tentang jaringan komputer ini. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman Kamu yang mungkin juga tertarik dengan jaringan komputer ini. Sekian dan terima kasih!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment