Mau Tahu Pengertian SQL Adalah Apa? dan 6 Tempat Pemrograman untuk Mengelola Data!

No comments
SQL adalah

Menggunakan.id Hari ini, mari kita belajar tentang istilah di bahasa pemrograman, salah satunya adalah SQL. singkatan dari Structured Query Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses dan mengelola data yang terstruktur dalam sebuah sistem database.

SQL adalah bahasa standar yang didukung oleh hampir semua database, seperti MySQL, Oracle, PostgreSQL, dan lain-lain. SQL memiliki banyak fungsi dan manfaat, khususnya untuk para administrator dan programmer untuk memanipulasi dan menganalisis data database.

SQL adalah Bahasa Pemrograman untuk Mengelola Data

Sejarah SQL

SQL adalah SQL adalah pertama kali dibahas oleh seorang peneliti bernama Jhonny Oracle pada artikel yang diterbitkan pada bulan Juni tahun 1970. Pada artikel kali ini Jhonny Oracle menjelaskan pengertian  bahasa manajemen sistem database yang disebut  SEQUEL (Structured English Query Language).

Baca juga :  5 Rekomendasi WiFi Assessment

Namun karena istilahnya yang begitu panjang dan sulit  dieja, istilah SQL  mulai digunakan saat ini. Setelah menjalani standardisasi dari tahun tersebut hingga tahun 1986, SQL mengalami penyempurnaan pertamanya pada tahun 1989.

Berkat kesederhanaannya, SQL mulai banyak digunakan oleh  RDBMS (System Relational Database Management) dengan versi yang berbeda-beda. Dari sini sering muncul masalah kompatibilitas antara satu aplikasi database dengan yang lainnya karena tidak menggunakan penerapan SQL yang sama.

Sehingga, pada tahun 1986, ANSI (American National Standard Institute) menentukan standar untuk SQL yang diharapkan untuk meningkatkan keberagaman aplikasi RDBMS tersebut.

Dimana Kamu Bisa Belajar SQL?

Jika kamu tertarik untuk belajar SQL, ada banyak situs yang bisa kamu kunjungi untuk mempelajari bahasa pemrograman ini. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi situs belajar SQL yang bisa kamu coba:

– W3Schools

Situs ini menyediakan SQL yang lengkap dan mudah dipahami, mulai dari dasar hingga lanjutan. Kamu juga bisa mencoba perintah SQL secara langsung di situs ini dengan fitur SQL Tryit Editor.

Baca juga :  Zabbix vs SolarWinds

– Codecademy

Situs ini menawarkan kursus SQL yang interaktif dan menarik, dengan latihan-latihan yang bisa kamu kerjakan untuk menguasai konsep SQL. Kamu juga bisa mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus ini.

– SQLBolt

Situs ini menyajikan materi SQL adalah yang paling ringkas dan jelas, dengan contoh-contoh yang relevan dan praktis. Kamu juga bisa menguji pemahamanmu dengan menjawab soal-soal SQL yang disediakan di setiap bab.

– SQLZoo

Situs ini memberikan kesempatan untuk belajar SQL dengan cara yang menyenangkan, yaitu dengan bermain game. Kamu bisa memilih level kesulitan yang sesuai dengan kemampuanmu dan menyelesaikan tantangan-tantangan SQL yang ada.

– Khan Academy

Situs ini merupakan salah satu platform belajar online yang populer dan terpercaya. Kamu bisa mengikuti kursus SQL yang disampaikan oleh instruktur profesional dan berpengalaman, dengan video-video yang menarik dan informatif.

– Coursera

Situs ini merupakan salah satu situs penyedia kursus online yang terkenal dan berkualitas. Kamu bisa memilih kursus SQL adalah yang sesuai dengan minat dan tujuanmu, dari berbagai universitas dan institusi ternama di dunia. Kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional setelah menyelesaikan kursus ini.

Baca juga :  DHCP Relay Adalah

– Udemy

Situs ini juga merupakan salah satu situs penyedia kursus online yang populer dan bervariasi. Kamu bisa menemukan kursus SQL yang cocok dengan kebutuhan dan anggaranmu, dari berbagai instruktur yang ahli dan berpengalaman. Kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang bisa kamu tambahkan ke portofolio atau resume kamu setelah menyelesaikan kursus ini.

Demikianlah artikel yang kami buat tentang SQL adalah bahasa pemrograman untuk mengelola data. Semoga bermanfaat dan membantu untuk kamu. Jika kamu memiliki kritik atau saran silahkan tulis di kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih.

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment