Apa itu ARP dan Fungsi dari ARP? Tambah Pengetahuanmu di sini, yuk!

No comments
Apa itu ARP
Apa itu ARP

Menggunakan.id? Sudah pernah dengar? Yuk, tambah pengetahuan di sini! ARP adalah singkatan dari Address Resolution Protocol, yaitu sebuah yang digunakan untuk memetakan alamat ( Protocol) ke alamat MAC (Media Access Control) pada lapisan data link.

Alamat IP adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan internet, sedangkan alamat MAC adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan lokal.

Dan ARP memungkinkan perangkat yang berkomunikasi melalui jaringan internet untuk mengetahui alamat MAC dari perangkat tujuan, sehingga dapat mengirimkan data secara langsung tanpa melalui router.

Apa itu ARP dan Cara Kerja ARP

setelah kamu tahu tentang Apa itu ARP, lantas sekarang adalah bagaimana cara kerja dari sistem tersebut. ARP bekerja dengan menggunakan dua jenis pesan, yaitu ARP Request dan ARP Reply. ARP Request adalah pesan yang dikirimkan oleh perangkat pengirim untuk meminta alamat MAC dari perangkat tujuan yang memiliki alamat IP tertentu. ARP Reply adalah pesan yang dikirimkan oleh perangkat tujuan untuk memberitahukan alamat MAC-nya kepada perangkat pengirim. Berikut adalah langkah-langkah cara kerja ARP:

Baca juga :  Fungsi Dari VPN
  1. Perangkat pengirim ingin mengirimkan data ke perangkat tujuan yang memiliki alamat IP tertentu, misalnya 192.168.1.10.
  2. Perangkat pengirim memeriksa tabel ARP-nya, yaitu sebuah tabel yang menyimpan pasangan alamat IP dan alamat MAC yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mencari alamat MAC dari perangkat tujuan.
  3. Jika perangkat pengirim tidak menemukan alamat MAC dari perangkat tujuan di tabel ARP-nya, maka perangkat pengirim akan mengirimkan ARP Request ke seluruh perangkat yang berada di jaringan lokal yang sama (broadcast).
  4. ARP Request berisi alamat IP dan alamat MAC dari perangkat pengirim, serta alamat IP dari perangkat tujuan. ARP Request bertanya, “Siapa yang memiliki alamat IP 192.168.1.10? Beritahu saya alamat MAC kamu.”
  5. Setiap perangkat yang menerima ARP Request akan memeriksa alamat IP yang diminta. Jika perangkat tersebut memiliki alamat IP yang sama dengan yang diminta, maka perangkat tersebut akan mengirimkan ARP Reply ke perangkat pengirim. Jika tidak, maka perangkat tersebut akan mengabaikan ARP Request.
  6. ARP Reply berisi alamat IP dan alamat MAC dari perangkat tujuan, serta alamat IP dan alamat MAC dari perangkat pengirim. ARP Reply menjawab, “Saya memiliki alamat IP 192.168.1.10. Alamat MAC saya adalah 00:11:22:33:44:55.”
  7. Perangkat pengirim menerima ARP Reply dan mengetahui alamat MAC dari perangkat tujuan. Perangkat pengirim juga akan menyimpan pasangan alamat IP dan alamat MAC dari perangkat tujuan di tabel ARP-nya untuk digunakan di kemudian hari.
  8. Perangkat pengirim dapat mengirimkan data ke perangkat tujuan dengan menggunakan alamat MAC yang sudah diketahui.
Baca juga :  Address Resolution Protocol (ARP) adalah

Fungsi dari ARP

Apa itu ARP
Apa itu ARP

selain penjelasan tentang Apa itu ARP dan cara kerjanya, ternyata ARP memiliki beberapa fungsi penting dalam jaringan internet, antara lain:

  1. Memudahkan komunikasi antara perangkat yang berbeda lapisan jaringan, yaitu lapisan internet (IP) dan lapisan data link (MAC).
  2. Menghemat waktu dan sumber daya jaringan, karena perangkat tidak perlu mengirimkan data melalui router, melainkan langsung ke perangkat tujuan.
  3. Memperbarui informasi alamat MAC dari perangkat yang berubah-ubah, misalnya karena perangkat diganti atau dipindahkan ke jaringan lain.
  4. Mendeteksi konflik alamat IP, yaitu ketika ada dua atau lebih perangkat yang memiliki alamat IP yang sama. Hal ini dapat menyebabkan gangguan komunikasi jaringan.

Kesimpulan

ARP adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk memetakan alamat IP ke alamat MAC pada lapisan data link. ARP bekerja dengan menggunakan dua jenis pesan, yaitu ARP Request dan ARP Reply, yang dikirimkan antara perangkat pengirim dan perangkat tujuan.

Dan ARP memiliki beberapa fungsi penting dalam jaringan internet, seperti memudahkan komunikasi antara perangkat, menghemat waktu dan sumber daya jaringan, memperbarui informasi alamat MAC, dan mendeteksi konflik alamat IP.

Baca juga :  4 Cara Konfigurasi Dial Plan Server Softswitch

demikian artikel tentang Apa itu ARP, Semoga informasinya bermanfaat!

 

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment