3 Keuntungan dan Cara Kerja Server Softswitch PBX

No comments
cara kerja server softswitch pbx
cara kerja server softswitch pbx

Menggunakan.id – Pernah mendengar istilah softswitch ? Sudah tahu seperti apa ? Kita rasa hanya orang tertentu saja yang menhetahuinya. Karena meskipun hal itu sangat lekat dengan kita dalam kehidupa sehari-hari, tetapi belum tentu tau istilahnya.

cara kerja server softswitch pbx

Bagi kamu yang ingin belajar mengenai server softswitch pbx dan cara kerja server softswitch pbx, wajib hukumnya membaca ulasan ini hingga selesai. Tanpa basa basi lagi, berikut penjelasan lengkapnya.

Server softswitch PBX adalah sebuah sistem yang menghubungkan panggilan telepon melalui () atau jaringan data lainnya. Server softswitch PBX berbeda dari server PBX tradisional yang menggunakan kabel tembaga atau serat optik untuk mengirimkan sinyal suara.

Dan server softswitch PBX menggunakan perangkat lunak yang dapat dijalankan di komputer, server, atau cloud untuk mengelola panggilan telepon secara digital.

Keuntungan dan Cara Kerja Server Softswitch PBX

Server softswitch PBX memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan server PBX tradisional, antara lain:

Baca juga :  Jaringan Komputer : Sejarah dan Pengertian

1. Biaya lebih rendah

Server softswitch PBX tidak memerlukan peralatan fisik yang mahal dan rumit, seperti switch, kabel, dan kartu sirkuit. Dan server softswitch PBX juga dapat menghemat biaya panggilan telepon, terutama untuk panggilan internasional atau jarak jauh, karena menggunakan jaringan data yang lebih murah daripada jaringan telepon.

2. Skalabilitas lebih tinggi

Lalu, server softswitch PBX dapat menyesuaikan kapasitas panggilan sesuai dengan kebutuhan pengguna, tanpa harus menambah atau mengurangi peralatan fisik. Server softswitch PBX juga dapat menambah atau mengurangi fitur dan layanan panggilan, seperti panggilan video, konferensi, pesan suara, dan lain-lain, dengan mudah dan cepat.

3. Fleksibilitas lebih besar

Server softswitch PBX juga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, asalkan ada koneksi internet. Server softswitch PBX juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi dan sistem lain, seperti email, CRM, ERP, dan lain-lain, untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Cara Kerja Server Softswitch PBX

Sebelum pergi ke cara kerja Server softswitch PBX, perlu diketahui bahwa server tersebut terdiri dari dua komponen utama, yaitu:

Baca juga :  Jaringan dan Internet

– Softswitch

Softswitch adalah perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan panggilan telepon, seperti menghubungkan, memutuskan, mengalihkan, dan merekam panggilan. Dan softswitch juga bertanggung jawab untuk mengkonversi sinyal suara menjadi data digital, dan sebaliknya, agar dapat dikirimkan melalui jaringan internet.

– PBX

Lalu, PBX adalah singkatan dari private branch exchange, yaitu sistem yang menghubungkan panggilan telepon antara internal (misalnya antara karyawan) atau ekstensi eksternal (misalnya antara karyawan dan pelanggan).

Dan PBX juga menyediakan fitur dan layanan panggilan, seperti panggilan masuk, panggilan keluar, panggilan tunggu, panggilan parkir, panggilan grup, dan lain-lain.

Berikut adalah gambaran umum tentang cara kerja server softswitch PBX:

  • Ketika pengguna ingin melakukan panggilan telepon, ia dapat menggunakan telepon IP, telepon analog, komputer, ponsel, atau perangkat lain yang terhubung dengan server softswitch PBX melalui jaringan internet.
  • Server softswitch PBX akan menerima permintaan panggilan dari pengguna, dan akan mencari nomor tujuan panggilan, baik di dalam maupun di luar jaringan.
  • Jika nomor tujuan berada di dalam jaringan, server softswitch PBX akan menghubungkan panggilan secara langsung melalui jaringan internet, tanpa melalui operator telepon.
  • Jika nomor tujuan berada di luar jaringan, server softswitch PBX akan menghubungkan panggilan melalui gateway, yaitu perangkat yang menghubungkan jaringan internet dengan jaringan telepon. Gateway akan mengkonversi data digital menjadi sinyal suara, dan sebaliknya, agar dapat dikirimkan melalui jaringan telepon.
  • Server softswitch PBX akan mengelola panggilan telepon selama berlangsung, dan akan menyediakan fitur dan layanan panggilan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Baca juga :  Gateway adalah

Dan selesai sudah cara kerja server softswitch pbx. Semoga bermanfaat!

Also Read

Bagikan:

Leave a Comment